PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MATERI BIJA NIYAMA DI SMA NEGERI 1 GIRIMULYO

Via Estiana ( STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )
Dwi Maryani Rispatiningsih ( STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )
Dwiyono Putranto ( STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses optimalisasi persiapan menggunakan model pembelajaran inquiry di SMA Negeri 1 Girimulyo, untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry, dan untuk mendeskripsikan proses evaluasi penerapan model pembelajaran inquiry pada materi bija niyama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini yaitu siswa dikelas X di SMA Negeri 1 Girimulyo. Pengumpulan data dilaksanakan dengan  wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan persiapan penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran pendidikan agama Buddha pada siswa kelas X dilakukan peneliti dengan menyiapkam RPP, menyiapkan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, serta media pembelajaran. Melalui persiapan yang maksimal kegiatan pembelajaran penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing dapat meningkatkan keaktifan siswa saat belajar. Respon siswa selama pembelajaran baik dan antusias sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Untuk itu, penerapan model pembelajaran inquiry pada materi bija niyama telah berhasil dilaksanakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jafar, A. F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Konvesional Terhadap Hasil Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Al asma: Journal of Islamic Education, 190-199. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/23748

Nasiman , & Nurwito. (2019). Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti. Jakarta: Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha Kementrian Agama Republik Indonesia.

Peranginangin, A., Barus, H., & Gulo, R. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvesional. Jurnal Penelitian Fisikawan,49.https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalpenelitianfisikawan/article/view/452

Pujimin, & Suyatno. (2017). Buku Guru Pendidikan Agama Buddha Dan Budi Pekerti. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Putranto, D., & Kabri. (2020). Optimalisasi Metode Inquiry Materi Cinta Kasih (Metta) Pada Jurusan Kepanditaan Buddha Di STABN Raden Wijaya Wonogiri. Jurnal Pendidikan Sains, Sosial dan Agama, 18. https://jurnal.radenwijaya.ac.id/index.php/PSSA/article/download/127/108

Sinaga, C. V. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Metode Inkuiri Dengan Metode Ekspositori Pada Materi Pangkat Dan Bentuk Akar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Matematika, 44-45. doi:https://jurnal.uhnp.ac.id/jkipm-uhnp/article/view/71/78

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Utami, D. P., Melliani, D., Maolana, F. N., Marliyanti, F., & Hidayat, A. (2021). Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perpespektif Ekologi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2738. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/536/45

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6.

Zulvawati, A., Isnaini, M., & Imtihana, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran AL-Islam Di SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal PAI Raden Patah, 65-66. doi:https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3011


Keywords  :  
Kata Kunci: Metode Inquiry, Pendidikan Agama Buddha, Bija Niyama Inquiry, Buddhist Education, Bija Niyama
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Estiana, V., Rispatiningsih, D. M., & Putranto, D. (2022). PENERAPAN METODE INQUIRY PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA MATERI BIJA NIYAMA DI SMA NEGERI 1 GIRIMULYO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 209–218. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.911
Terbitan  :