PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN

Refril Dani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ikhsan Maulana Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Aprizan Aprizan ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menlihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Compotition yang selanjutnya di tulis dengan singkatan CIRC, serta untuk melihat pengaruh kebiasaan membaca apresiatif tinggi dan rendah terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan empat hal sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa yang memiliki kebiasaan membaca apresiatif tinggi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Ketiga, keterampilan menulis teks cerpen siswa yang memiliki kebiasaan membaca apresiatif rendah yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC lebih baik daripada yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Keempat, tidak terdapat interaksi antara kebiasaan membaca apresiatif dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam mempengaruhi keterampilan menulis teks cerpen siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Annamalai, dan Muniandy, B. (2013). Reading habit and attitudeamong Malaysian polytechnic students. International Journal of Educational Sciences, 5(1), 32-41.

Ayhan, B. A., Simsek, S. dan Bicer, A. M. (2014). An analysis of children’s attitudes towards reading habits.European Journal of Researchon Education, 4(1), 13-18.

Clark, C and Foster, A. (2005) Children’s and Young People’s Reading Habits and Preferences, London: National Literacy Trust.

Darmawati, B. (2012). Meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui cerpen. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1),78-78.

Hamruni.(2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Irianto, A. (2004). Statistik Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Perdana Media

Krashen, S. (1993). The Power of Reading Insight From The Research. Englewood. CO: Libraries Unlimiteed.

Kaur, S dan Thiyagarajah, R. (1999). The english reading habit of ELLS student in University Sains Malaysia. Academic Reseach Journal, 3(10), 269-278.

Masril. (2012). Pengembangan strategi pembelajaran fisika SMA berbasis graphic organizer melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-7.

Marhamah. (2010). Keefektifan bahasa Inggris siswa pembelajaran kooperatif terhadap pencapaian kelas X SMA Babussalam Pekanbaru Riau. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 81-81.

Muhibbin, S. (2007).Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosydakarya

Nurani, B. (2013). Efektivitas pembelajaran kooperatif model stad terhadap prestasi belajar fisiska ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 36-36.

Nurcahyawan T. (2007). Implementasi pembelajaran kooperatif dalam suatu lomba. Jurnal Pendidikan Universitas Tarumanegara, 9(2), 74-74.

Palani, I. A. (2012). Promoting reading habits and creating literate society. Journal of Arts, Science Commerce, 3(1), 91-94

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryabrata, S. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sulistyaningsih, D., Waluya, S. B dan Kartono, K. (2012).Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 122-122.

Suwanda. (2011). Desain Eksperimen untuk Penelitian Ilmiah. Bandung: Alfabeta

Tampubolon. (1993). Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.Bandung: Angkasa


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, CIRC, Menulis Cooperative Learning, CIRC, Writing
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Dani, R., Putra, I. M., & Aprizan, A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DAN KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 219–231. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.908
Terbitan  :