EFEKTIVITAS MODUL DIGITAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN KARAKTER DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Muhammad Hakiki ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ana Maryana ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat pada Era Revolusi industri 4.0 juga berdampak pada dunia Pendidikan, dimana semakin meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam dunia pendidikan, serta terjadinya pandemi covid 19 yang mengakibatkan proses pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan secara langsung, Sehingga proses pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) harus dilakukan. Pembelajaran daring yang dilaksanakan mengalami banyak kendala salah satunya belum adanya modul digital yang secara khusus dirancang untuk pembelajaran daring. Sehingga dirasa perlu dilakukan pengembangan Modul digital Berbasis E-learning. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran melalui E-learning. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D (Four D-Model), yang terdiri atas 4 tahap utama yaitu, Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran). Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) pada semester 2 genap di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo tahun 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai normalitas data pretest sebesar 0,163 yang dapat dilihat pada asymp sig (2-tailed). Karena nilai normalitas lebih besar dari nilai signifikansi (0,163>0,05) maka data dinyatakan berdistribusi normal. Selanjutnya nilai postest diperoleh nilai normalitas data sebesar 0,090 yang dapat dilihat pada asymp sig (2-tailed), karena nilai normalitas lebih besar dari nilai signifikansi (0,090>0,05) maka data dinyatakan berdistribusi normal.Berdasarkan pengujian yang dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05) artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah menggunakan modul pembelajaran melalui e-learning. Kemudian jika t-hitung<t-tabel maka terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modul pembelajaran melalui e-learning. Begitu pula sebalinya, jika t-hitung>t-tabel maka tidak terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modul pembelajaran melalui elearning.Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai t-hitung sebesar -15,453 dengan t-tabel sebesar 2,019, karena t-hitung<t-tabel (-15,453<2,019) maka dinyatakan terdapat peningkatan hasil belajar antara sebelum dan setelah diterapkan modul pembelajaran melalui e-learning.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cooke, M. (2014). Clomedia: The Evolution of E-learning [Electronic Version].

Dharma, Surya, dkk. 2013. Tantangan Guru SMK Abad 21. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Didik Dwi Prasetya. (2015). Kesiapan Pembelajaran Berbasis Buku Digital. Jurnal Teknoogi Elektro dan Kejuruan. 24.

Fadli, R., & Hakiki, M. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MOBILE LEARNING MATAKULIAH SISTEM OPERASI di STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 197-202.

Khan, B. H. (2015). Managing E-learning Strategies:Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: The British Library.

Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURUPLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y., & Pertiwi, I. (2021). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Berbasis Sekolah Sma Negeri 1 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50-57.

Juwita, M. D., Hakiki, M., Gerieska, O., Lubis, S. F., Rizal, F., & Giatman, M. (2019, December). The effect of the web-based learning media on learning outcomes. In International Conference on Education, Science and Technology (pp. 31-35). Redwhite Press.

Khan, B. H. (2015). Managing E-learning Strategies:Design, Delivery, Implementation and Evaluation. USA: The British Library.

Muthmainah, N. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATAKULIAH PERAKITAN KOMPUTER DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 166-174.

Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1).

Smaldino,S.E, et al. (2011). Instructional Tecnology and Media for Learning 9th Edition. New Jersey: Merril Prentice Hall Inc.

Suarsana, M dan Mahayukti, G.A. (2013). Pengembangan E-modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 02 (02).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & pengembangan research and Development untuk Bidang pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta.

Tian Belawati. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Divapress.

Thiagarajan, at al. 2014. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Wina Sanjaya. (2013). Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran.


Keywords  :  
Kata Kunci: Modul Digital, E-Learning, Character building Learning Module, E-learning, Pendidikan Karakter
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Hakiki, M., Sabir, A., & Maryana, A. (2022). EFEKTIVITAS MODUL DIGITAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATAKULIAH PENDIDIKAN KARAKTER DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 269–278. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.901
Terbitan  :