EFEKTIVITAS TUTON TERHADAP KEMANDIRIAN DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBON PADA MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Abstrak
Kendala yang ditemui saat praktikum daring MK Pengantar Aplikasi Komputer yaitu, jaringan yang kurang stabil sehingga menyebabkan kesenjangan komunikasi antara mahasiwa dan dosen saat praktikum, keterbatasan sarana (laptop) yang dimiliki oleh mahasiswa, kuota internet yang tidak memadai, serta kemampuan dan kemandirian belajar mahasiswa yang berbeda-beda dalam mengoperasikan perangkat lunak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tuton terhadap kemandirian dan capaian hasil belajar mahasiswa FKIP UNIDAR mata kuliah pengantar aplikasi komputer. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design jenis One-Shot Case Study dengan subjeknya mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah pengantar aplikasi komputer tahun akademik 2021/2022 genap. Data validitas tuton dan kemandirian belajar mahasiswa diperoleh melalui penyebaran angket, sedangkan aspek kognitif melalui pos tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa tuton efektif digunakan sebagai media praktikum dalam pembelajaran online, dengan perolehan hasil belajar mahasiswa 78,57% mendapat nilai yang baik dan kemandirian belajar mahasiswa setelah belajar melalui tuton berada pada kategori baik.
Unduhan
Referensi
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. 2021. Pengaruh Model Discovery Learning dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4): 1907 – 1914.
Jumanto, J., & Prihatsari, E. B. (2018). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Berbasis Video Youtube terhadap Sikap Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD UNISRI. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 28 – 36.
Pandiangan, P., Malau, A. G., Widokarti, J. R., & Gulo, E. 2012. Aktivitas Mahasiswa Dalam Tutorial Online Mata Kuliah Manajemen Strategi dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 13(1): 43-51.
Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring berbasis pendekatan ilmiah. CV Sarnu Untung: Jawa Tengah.
Safitri, N. K. K., & Prihatnani, E. 2021. Efektifitas Penggunaan Video Tutorial dalam Pembelajaran Daring Ditinjau dari Tingkat Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2): 77-84.
Santoso, R. 2021. Pengaruh Motivasi dan Sarana Belajar Online Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1).
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya melatih kemandirian anak. Kordinat: jurnal komunikasi antar perguruan tinggi agama islam, 16(1), 31-46.
Sulastri, I., & Firmansyah, A. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(1): 90-103.
Wahyuningsih, S. S., Rusli, Y., & Bintarti, A. 2015. Aksesibilitas Mahasiswa pada Tutorial Online Program Studi Perpustakaan. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 16(1): 29-38.
Widoyoko, S. E. P. (2013). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yunani, E., & Riyanto, A. (2020). The Effectiveness Of Video As A Tutorial Learning Media In Muhadhoroh Subject. Jurnal Akademika, 9(2), 0–1.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Tutor Online, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Online Tutorials, learning Independence, learning outcomes
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Kolengsusu, H., Latukau, R. H., & Karuwal, J. (2022). EFEKTIVITAS TUTON TERHADAP KEMANDIRIAN DAN CAPAIAN HASIL BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS DARUSSALAM AMBON PADA MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 327–334. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.887
|
Terbitan | : |