PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS : STRATEGI PEMBELAJARAN DI SMP SWASTA PASCA PANDEMI COVID 19

Iwan Ramadhan ( Universitas Tanjungpura )
Muhammad Agus Hardiansyah ( Universitas Sultan Agung Tirtayasa )
Haris Firmansyah ( Universitas Tanjungpura )
Maria Ulfah ( Universitas Tanjungpura )
Husni Syahrudin ( Universitas Tanjungpura Pontianak )
Suriyanisa Suriyanisa ( Universitas Tanjungpura )

Abstrak

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi proses pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas yang diterapkan SMP Swasta Mujahidin Pontianak. Adapun metode yag digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Sebagaimana dalam penelitian kualitatif bahwa peneliti memperoleh data melalui pengamatan secara langsung dan menyempurnakan dengan wawancara dan memperoleh data berbentuk dokumentasi. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu strategi proses penerapan pembelajaran tatap terbatas telah sesuai dengan pedoman pembelajaran pada masa pandemi, seperti sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan yang membutuhkan bimbingan guru. Tidak hanya itu, penerapan strategi pembelajaran pada media pembelajaran berbasis tekhnologi dan kesiapan sekolah serta guru sebagai wali kelas yang berperan dalam mengelola pembelajaran yang lebih dari satu mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah. Dengan demikian starategi penerapan pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar memiliki tugas lebih yang harus dikelola oleh guru dan tentunya telah sesuai dengan situasi dan kondisi pada pandemi agar strategi pembelajaran yang memiliki keterbatasan dalam durai waktu dapat mencapai tujuan pada pendidikan jenjang menengah pertama untuk membentuk karakter siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A. (2021). Manajemen Kepala Sekolah dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.183

Adzan, N. K., Pamungkas, B., & Juwita, et al. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tari Bedana Berbasis Android. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1).

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Amelia, R., Priatmoko, S., & Sugiri, W. A. (2021). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Desain Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. ELSE (Elementary School Education Journal, 5(1), 198–209.

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Akuntansi Konsolidasi Bank Syariah Di Iain Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.301

Angie, L., 1, W., & Rafsanjani, M. A. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Apakah Penerapan Blanded Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.453

Ardillah, Y., Septiawati, D., & Windusari, Y. (2021). Kesiapan Fasilitas Water Sanitation Hygiene (Wash) Dan Penerapan Protokol Kesehatan Tenaga Pengajar pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Jurnal Ekologi Kesehatan, 20(1), 1–11.

Aswat, H., Sari, E. R., Onde, M. L. O., Alaudin, A., & Fatmala, K. (2021). Sosialisasi dan Penguatan Edukasi pada Siswa Terkait Penerapan Protokol Kesehatan di SDN 1 Masiri, demi Terciptanya Situasi Kondusif di Era New Normal. Jurnal Abdidas, 2(3). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.310

Azizi, A. N. (2021). Strategi Pembelajaran Rasulullah. Jurnal Studi Islam “Al-Fikrah,” 3(1), 1–11. http://jurnal.stit-almuslihuun.ac.id/index.php/jurnal/article/view/86

Azmi, Z., Nasution, A. A., & Wardayani, W. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntansi. Akuntabilitas, 11(1). https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.6338

Bile, R. L., & Tapo, Y. B. O. (2021). PElatihan Program Olahraga Kesehatan Untuk Pemeliharaan Kebugaran Jasmani Siswa Sma Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 2(1), 41–49. https://doi.org/10.38048/jailcb.v2i1.187

Budi Sartika, S., & Yuni Mayangsari, N. (2021). Profil Guru SD Dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2). Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V6i2.14876

Chintya, S., Rajab, W., Ramadhan, I., Ulfah, M., & Hidayah, R. Al. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Problem Based Learning Kelas XI IPS di MA Mujahidin Pontianak. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(September), 2151–2164.

Elmasari, Y., Rozi, F., Penggayuh, V., & Nurhadi, N. (2020). Sosialisasi Google Family Links Sebagai Sarana Pengawasan Gawai Anak Usia Sekolah Dasar. International Journal of Public Devotion, 3(2). https://doi.org/10.26737/ijpd.v3i2.2082

Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2). https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.120-128

Farell, G., Simatupang, W., & Giatman, M. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode AsynchronouFarell, G., Simatupang, W., & Giatman, M. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metod. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190.

Ghoni, A. A., Rouyani, S., & Putri, L. I. (2021). Media Audio Visual sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di MI Roudhotul Huda Sekaran Gunungpati. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(2). https://doi.org/10.35878/guru.v1i2.279

Haryadi, R., & Kansaa, H. N. Al. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Ta`lim : Jurnal Pendidikan, 7(1).

Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125

Indra Kartika Sari. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(4).

Indriawati, Buchori, I., Acip, Sirrulhaq, S., & Solihutaufa, E. (2021). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.51729/6246

Iwan Ramadhan, Hadi Wiyono, Nur Meily Adlika, Haris Firmansyah, S. P. (2022). Strategi Mempersiapkan dan Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas Selama Masa Pendemi Covid-19 di SMA. Jurnal Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5213–5227. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3148

Jamaah, J. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Home visit di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(1). https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i1.74

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2). https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Krismiyati, Maswati2, R., Salehudin, & Punamasari4, J. (2021). Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan Dan Pembagian Peralatan Cuci Tangan Bagi Masyarakat Kampung Samau Menuju Masyarakat Sehat Di Kabupaten Biak Numfor PAPUA Krismiyati1)*,. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2), 31–37.

Latifah, N., & Permatasari, R. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Siswa Sd Kelas Iv Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1). https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2565

LUBIS, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Eduka : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Mariyani, M., & Alfansyur, A. (2021). Strategi Guru PPKn dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Covid-19 di Pali, Sumatera Selatan. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(2), 1–15. https://doi.org/10.29407/pn.v6i2.15024

Marta, R. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Nominal Group Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.28

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model stad dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2504

Mulianti. (2020). Problematika Belajar dan Pembelajaran Daring Pada Masa A . Latar Belakang. Jurnal Pendidikan, 3, 3.

Nur, A. S. (2021). POTRET PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp27-35

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2).

Purnamasari, N. I. (2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan: Perspektif Barat dan Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.238-261

Rahadian, D. (2018). Peran Dan Kedudukan Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Petik, 1(1). https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.56

Rahmadhon, R., & Amirul Mukminin, M. M. (2021). Kompetensi Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi pada Masa Pandemi Covid-19 di MIS Darussalam Kec. Jelutung Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Rahman, F. R., Windayana, H., & Agustina, I. O. (2022). Pengaruh Kelompok Belajar dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3). https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.233

Ramadanti, Melia, Imran, Iwan Ramadhan, Nuraini Asriati, R. A. hidayah. (2022). MODEL PBL BERBASIS APLIKASI GOOGLE CLASSROOM KELAS XI IIS 1 DI SMA NEGERI 6 PONTIANAK. Jurnal Eduscience (JES), 9(2), 336–349. https://doi.org/https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2744

Ramadhan, I., Prancisca, S., & Imran, I. (2022). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 10 Pontianak. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 76–88. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2421

Rosidin, M. (2015). Metode Tutor Sebaya Dalam Kerja Kelompok Dapat Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pemahaman Statistika. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i1.14

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v3i2.638

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Setiawan, R., & Komalasari, E. (2020). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi Di Tengah Pandemi Covid-19. Edusocius; Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi, 4(1), 1–13. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/ED/article/view/25073

Shaleh, M., & Anhusadar, L. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD dalam Pembelajaran Tatap Muka pada New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1139

Sholikhah, I. (2021). Analisis Kesiapan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(7), 925–940. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.181

Silalahi, P., Agripina, C., & Agita, Y. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran dengan E-learning Berbasis LMS Moodle. Journal of Applied Community Engagement, 1(1). https://doi.org/10.52158/jace.v1i1.125

Sirajuddin kamal, R. L. (2018). Kendala Pengajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar (Problems Of English Teaching In Elementary School). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 3(2), 244. https://doi.org/10.20527/jbsp.v3i2.4557

Supriatna, U. (2021). Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3). https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.408

Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691

Susiyanto, D. (2021). Kipin Pto Sebagai Media Asesmen Digital Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(4), 280–292. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i4.576

Syahrudin, H., Ramadhan, I., Adlika, N. M., Agus, M., Olendo, Y. O., Arifiyanti, F., Tanjungpura, U., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). The Transition of Limited Face-to-Face Learning After Covid-19 Pandemic at Islamic Private Junior High Schools Pontianak. Jurnal Iqra’ Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 168–182.

Syahmina, I., Tanjung, I. F., & Rohani, R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Negeri Medan. Jurnal Biolokus, 3(2). https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.790

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajaram Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid 19 (Studi Kasus Analisis Kebijakan Pendidikan). Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(02).

Widiyastuti, E. (2012). Peningkatan Kemampuan Menggambar Bebas Siswa B1 Melalui Strategi Pembelajaran Pemberian Motivasi. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 12(2).

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/173


Keywords  :  
Kata Kunci: Pasca Pandemi, Strategi, Pembelajaran Terbatas Post Pandemic, Strategy, Limited Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Ramadhan, I., Hardiansyah, M. A., Firmansyah, H., Ulfah, M., Syahrudin, H., & Suriyanisa, S. (2022). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS : STRATEGI PEMBELAJARAN DI SMP SWASTA PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 316–326. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.848
Terbitan  :