Analisis Peningkatan Literasi Statistik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan berbasis The Statistical Process

Zulqoidi R. Habibie ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Puput Wahyu Hidayat ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa pada abad ke-21 ini, salah satunya adalah kemampuan literasi satatistik. Untuk memenuhi itu peneliti melakukan penelitian kepada 33 orang mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Statistik Pendidikan selama 16 pertemuan untuk menganalisis peningkatan literasi statistik mahasiswa calon guru sekolah dasar. Mixed-Methods berdesain Concurrent Embbeded akan digunakan dalam penelitian ini, yang mana penelitian kualitatif melengkapi penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari instrument test (pre-test dan Post-test) yang dikembangkan berdasarkan the statistical process dan instrument non-test (hasl dari wawancara). Untuk melihat lebih dalam saat analisis, data dikelompokkan berdasarkan Kemampuan Awal Statistik (KAS) yaitu tinggi, sedang, dan asor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi statisik mahasiswa calon guru sekolah dasar meningkat baik yang berada dikelompok tinggi, sedang, dan rendah setelah mengikuti perkuliahan statistik Pendidikan selama 16 pertemuan (satu semester). Ada Faktor lain yang membantu meningkatkan literasi statistik mahasiswa, yaitu: (1) melayani mahasiswa diluar jam kelas; (2) metode mengajar dosen; (3) Durasi pertemuan. Penelitian ini masih terdapat kekurangan yang dapat menjadi rujukan penelitian berikutnya, salah satunya yaitu tidak adanya metode yang konsisten digunakan didalam pengajaran satu semester. Untuk itu penelitian selanjutnya perlu menggunakan metode pembelajaran dalam peningkatan literasi statistik mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ben-Zvi, D., & Garfield, J. (2004). The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning and Thinking. Springer Netherlands.

Berndt, M., Schmidt, F. M., Sailer, M., Fischer, F., Fischer, M. R., & Zottmann, J. M. (2021). Investigating statistical literacy and scientific reasoning & argumentation in medical-, social sciences-, and economics students. Learning and Individual Differences, 86, 101963. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2020.101963

Budgett, S., & Pfannkuch, M. (2010). Assessing Students’ Statistical Literacy. In Assessment Methods in Statistical Education: An International Perspective. https://doi.org/10.1002/9780470710470.ch9

Çakıroğlu, Ü., & Güler, M. (2021). Enhancing statistical literacy skills through real life activities enriched with gamification elements: An experimental study. E-Learning and Digital Media, 18(5), 441–459. https://doi.org/10.1177/2042753020987016

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Gal, I. (2002). Adults’ statistical literacy: Meanings, components, responsibilities. In International Statistical Review (Vol. 70, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.2002.tb00336.x

Garfield, J., & Mas, R. del. (2010). A Web Site That Provides Resources for Assessing Students’ Statistical Literacy, Reasoning and Thinking. Teaching Statistics, 32(1), 2–7. https://doi.org/10.52041/serj.v16i1.214

Guven, B., Baki, A., Uzun, N., Ozmen, Z. M., & Arslan, Z. (2021). Evaluating the Statistics Courses in Terms of the Statistical Literacy: Didactic Pathways of Pre-Service Mathematics Teachers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 16(2), em0627. https://doi.org/10.29333/iejme/9769

Haack, D. G. (1979). A Note on ‘Teaching Statistical Literacy.’ Teaching Statistics, 2(1), 22–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-9639.1979.tb00741.x

Habibie, Z. R., Avana, N., & Sundahry. (2022). Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Heuristik Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tunas Pendidikan, 4(2), 222–234. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.730

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AERA-D - American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methodology. url: http://www. physics. indiana. edu/%5C~ sdi/AnalyzingChange-Gain. pdf

Jr., R. E. R., & Diego, C. V. (2021). Attitudes toward Statistics and Statistical Literacy of Public Senior High School Students. In Philippine Social Science Journal (Vol. 4, Issue 3, pp. 48–56). http://dx.doi.org/10.52006/main.v4i3.399%0Ahttps://philssj.org/index.php/main/article/download/399/214

Lipia, N., & Ovsenik, M. (2020). The Effect of Statistical Literacy on Response to Environmental Change. Organizacija, 53(2), 147–163. https://doi.org/10.2478/orga-2020-0010

Rumsey, D. J. (2002). Statistical literacy as a goal for introductory statistics courses. Journal of Statistics Education, 10(3). https://doi.org/10.1080/10691898.2002.11910678

Schmidt, F. M., Zottmann, J. M., Sailer, M., Fischer, M. R., & Berndt, M. (2021). Statistical literacy and scientific reasoning & argumentation in physicians. GMS Journal for Medical Education, 38(4), 1–17. https://doi.org/10.3205/zma001473

Walker, H. M. (1951). Statistical Literacy in the Social Sciences. The American Statistical Association, 5(1), 6–12. https://doi.org/https://doi.org/10.2307/2685917

Wallman, K. K. (1993). Enhancing Statistical Literacy: Enriching Our Society. Journal of the American Statistical Association, 88(421), 1. https://doi.org/10.2307/2290686

Watson, J., & Callingham, R. (2003). Statistical literacy: A complex hierarchical construct. Statistics Education Research Journal, 2(2).

Watson, J. M. (1997). Assessing Statistical Thinking Using the Media. The Assessment Challenge in Statistics Education, 1997, 107–121. http://www.stat.auckland.ac.nz/~iase/publications/assessbkref.

Watson, J. M. and, & Callingham, R. A. (2004). Statistical Literacy: From Idiosyncratic to Critical Thinking. Curricular Development in Statistics Education. International Association for Statistical Education (IASE) Roundtable, Lund, Sweden, 2002, 116–162.

Wild, C. J., & Pfannkuch, M. (1999). Statistical thinking in empirical enquiry. International Statistical Review, 67(3), 223–248. https://doi.org/10.1111/j.1751-5823.1999.tb00442.x


Keywords  :  
Kata Kunci: literasi statistik, the statistical process Statistical Literacy, The Statistical Process
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-28
Cara Mengutip  :  
Habibie, Z. R., & Hidayat, P. W. (2022). Analisis Peningkatan Literasi Statistik Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan berbasis The Statistical Process. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 156–164. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.788
Terbitan  :