MODIFIKASI BOLA KARET UNTUK MENINGKATKAN MINAT PADA MATERI BOLA VOLI SISWA KELAS V SD

Deka Ismi Mori Saputra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Rina Mariana ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi minat siswa terhadap permainan Voli masih sangat rendah hal ini dikarenakan banyak siswa yang mengeluh penggunaan bola yang keras, maka dalam hal ini penulis mencoba memodifikasi bola tersebut agar menjadi lebih ringan dan tidak sakit saat digunakan, dengan harapan agar dapat meningkatkan minat siswa Sekolah Dasar 88/VI Bangko V Kabupaten Merangin pada permainan bola voli. Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 88/VI Bangko V yang berjumlah 21 siswa. Data hasil pembelajaran bola voli diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran bola voli dengan pembelajaran menggunakan bola karet.Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan penilaian minat siswa kelas V Sekolah Dasar 88/VI Bangko. Dari aspek penilaian tersebut persentase ketuntasan nilai siswa kelas V Sekolah Dasar 88/VI Bangko V Kabupaten Merangin siklus I adalah 47.62 %. Hasil penilaian aspek-aspek pembelajaran bola voli siklus I menunjukkan siswa mencapai kriteria KKM atau nilai > 75. Terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II. Hasil penilaian pembelajaran bola voli yang diperoleh dari siklus I adalah sebanyak 14 siswa yang tuntas. Sedangkan pada tahapan siklus II, persentase ketuntasan jumlah nilai minat pembelajaran bola voli siswa kelas V Sekolah Dasar 88/VI Bangko V Kabupaten Merangin adalah 85.71 %, dengan kata lain > 75 atau telah memenuhi KKM. Dari jumlah siswa sebanyak 21 orang, 18 dinyatakan mencapai KKM atau tuntas hanya 3 orang yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran bola voli melalui modifikasi bola karet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar 88/VI Bangko V. bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dapat menerapakan pembelajaran dengan efektif sesuai dalam pelajaran Pendidikan Jasmani khususnya pada pembelajaran bola voli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baharuddin, B., & Arfanda, P. E. (2020). PKM Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus saat pandemi Covid-19. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/15945/0

Handayani, S. (2016). Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Kurniawan, H., & Irsyada, M. (2013). Hubungan antara Vertical Jump, Kekuatan Otot Perut, Kelentukan Pergelangan Tangan dan Kecepatan Sprint dengan Ketepatan Jump Service (Studi pada Atlet Bola voli Putra Porprov Kabupaten Sumenep). Jurnal prestasi olahraga.

PBVSI. (2004). Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta: PP PBVSI.

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui bermain melempar bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64-73.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Yunus, M. 1992. Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud


Keywords  :  
Kata Kunci: Modifikasi, Minat, Bola Voli, Bola Karet Modification, Interests, Volleyball, Rubber Balls
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-16
Cara Mengutip  :  
Mori Saputra, D. I., & Mariana, R. (2022). MODIFIKASI BOLA KARET UNTUK MENINGKATKAN MINAT PADA MATERI BOLA VOLI SISWA KELAS V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 137–147. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.774
Terbitan  :