PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA

Despita Despita ( SMA Negeri 12 Bungo )

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Fisika dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share.  Penelitian ini dilaksanakan pada semseter ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share dilaksanakan pada pembelajaran Fisika di Kelas X IPA 2 SMAN 12 Bungo dengan melibatkan 30 peserta didik sebagai objek penelitian. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes. Berdasarkan deskripsi yang dapat dilihat dari lembar observasi, terdapat peningkatan proses belajar siswa dari pra siklus ke siklus pertama dan siklus kedua. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik pada siklus I mencapai 68,4% pada siklus II menjadi 86,3%. Hal yang sama terlihat pada hasil belajar siswa yang semakin meningkat. Setelah penerapan model pembelajaran Think Pair Share, terlihat ada peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 20% dari hasil pre test yaitu 36,6%. Hasil test di siklus pertama, 17 orang peserta didik memperoleh hasil test melewati standar KKM, ini berarti 56, 6% dari seluruh peserta didik mendapatkan nilai yang melewati KKM (70). Hasil tes peserta didik pada siklus II meningkat, peserta didik yang memperoleh ketuntasan sebanyak 23 dari 30 orang peserta didik jika dipersentasekan 76,6%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kelas, Jakarta: BT Bumi Aksara.

Kemmis and Mc. Taggart. 2010. The Action Reseach Planner. Geelong: Deaken Univercity Press.

Oktavia, D., & Lestari, R. (2022). Students’ Perception on Learning Speaking English by Using English Domino Games: The Case of a Private University. Indonesian Research Journal in Education| IRJE|, 6(1), 28-42.

Putri & Sibuea (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fisika,. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol.1 (2).

Slavin, Robert E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice. 9th edition. Jakarta: PT Index.

Sulindra, I. G. M., Hermansyah, H., Sentaya, I. M., & Yahya, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Indonesian Journal of STEM Education, 2(2), 94-97. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijse/article/view/574

Wiyoko, T., & Hidayat, P. (2020). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa PGSD Dengan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Melalui Fitur Quis Edmodo. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 680-688. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.375


Keywords  :  
Kata Kunci: Think Pair Share, Proses, Hasil Think Pair Share, Process, Outcome
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-13
Cara Mengutip  :  
Despita, D. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 121–130. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.772
Terbitan  :