MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERCERITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Randi Eka Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Apdoludin Apdoludin ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Jaya Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Masalah dalam peneltian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 118/II Candi dan tujuan penelitian untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek peneltian yaitu 1 pendidik dan 19 peserta didik. Hasil penelitian ini telihat proses pembelajaran pendidik, siklus I pertemuan yaitu 95%, Siklus II observasi pendidik yaitu 100%. Observasi peserta didik selama proses pembelajaran siklus I 65%, dikatakan belum berhasil. Siklus II 85%, dikatakan berhasil. Hasil belajar peserta didik siklus I yang tuntas yaitu 11 orang atau 57%. Pada siklus II yang tuntas 17 orang atau 89%, dinyatakan berhasil. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Media Gambar Bercerita dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik di kelas VI.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arifin. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Asep, K. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Pustaka Setia.

Hamzah. (2009 : 43). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif.

Jakarta: Bumi Aksara.

Haris, A. J. (2012 : 33). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo.

Nara. (2011:13). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kartinawati, K. (2014). Penggunaan Media Gambar Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bercerita Tema Lingkungan Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD.Volume 02 Nomor 03 Tahun 2014,

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyoko, T., Megawati, M., & Wandira, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas III Sekolah Dasar di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 20-30. doi:https://doi.org/10.24269/dpp.v9i1.3471


Keywords  :  
Kata Kunci: Proses, Tematik, Media Gambar Process, Thematic, Picture Media
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-10
Cara Mengutip  :  
Putra, R. E., Apdoludin, A., & Putra, J. (2022). MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERCERITA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 85–89. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.764
Terbitan  :