PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL MATAKULIAH KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ)

Muhammad Hakiki ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Arisman Sabir ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Rani Kartika ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
M Iqbal Al-ihsan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Hasil belajar di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar simulasi digital kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 1 Bungo, semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Bungo  pada bulan Maret sampai April. Pengambilan data sampel di lakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling, dimana populasi dalam penelitian ini siswa kelas X TKJ yang berjumlah 31 orang TKJ 1 dan 31 orang TKJ 2. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas control. Berdasarkan hasil penelitian, maka rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar (81.81), sedangkan pada kelas kontrol (72.90) dari uji analisis data didapatkan bahwa data normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t, hasil pengujian pada taraf signifikan α 0.05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai thitung (5.623) dan ttabel (2.000) sehingga diperoleh thitung>ttabel (5.623 > 2.000) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model model pembelajaran explicit instruction terehadap hasil belajar simulasi digital kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 1 Bungo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Anas, Muhammad. 2020. Mengenal Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Gramedia.

Djamarah.2020.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakiki, M. (2020). Hubungan Kompetensi Kepribadian Dan Kecerdasan Emosional Guruplk Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Buku Profesi Kependidikan.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Iskandar, Dadang, dan Narsim. 2015. Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Jawa Tengah: Ibya Media.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1).

Sumiharsono, Rudi M dan Hisbiyatul Hasanah. (Ed). 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Pustaka Abadi.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Keywords  :  
Kata Kunci: Cooperative Learning Model, Explicit-Instruction, Learning Outcomes Model Pembelajaran, Explicit-Instruction, Hasil Belajar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-07
Cara Mengutip  :  
Hakiki, M., Sabir, A., Kartika, R., & Al-ihsan, M. I. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL MATAKULIAH KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ). Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 60–69. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.763
Terbitan  :