PGMI STUDENTS' ABILITY TO DEVELOP SCIENCE LEARNING VIDEOS BASED ON PROBLEM BASED LEARNING MODELS

Pipih Nurhayati ( STAI Siliwangi Bandung )
Dzikra Fu’adiah ( Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Siliwangi Bandung )
Mario Emilzoli ( Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, STAI Siliwangi Bandung )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mahasiswa PGMI dalam mengintegrasikan dan mengembangkan video pembelajaran sains MI berbasis model PBL. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dimana subjek penelitian ini adalah 30 mahasiswa Prodi PGMI. Data diperoleh melalui lembar observasi, lembar penilaian produk dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa PGMI telah mampu mengintegrasikan dengan baik (82,14) model pembelajaran PBL dalam skenario dan pengembangan video pembelajaran sains di MI. Pembelajaran melalui video berbasis PBL dinilai dapat mendukung siswa untuk belajar mandiri (85,14). Secara teknis, penilaian kejelasan suara dan gambar masih perlu ditingkatkan (67,86).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Laelasari, I., & Dewi, N. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447

Nurbaiti, F. (2021). in house training, video learning; distance learning. 2(3), 375–386.

Nurhikmah, H., & Haling, A. (2020). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media video di Kabupaten Sinjai. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 715–716.

Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136

Ritonga, S., Safrida, S., Huda, I., Supriatno, & Sarong, M. A. (2020). The effect of problem-based video animation instructions to improve students’ critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012107

Seibert, S. A. (2021). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Sri, L. (2020). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Ulhaq*, R., Huda, I., & Rahmatan, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Modul Kontruktivisme Radikal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(2), 244–252. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i2.17874

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yani, L. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Video Pembelajaran Inovatif Melalui Kegiatan Workshop di SDN 1 Pajukungan Semester II Tahun Ajaran 2018-2019. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 37–40.


Keywords  :  
Kata Kunci: instructions, video, PBL
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-05
Cara Mengutip  :  
Nurhayati, P., Fu’adiah, D., & Emilzoli, M. (2022). PGMI STUDENTS’ ABILITY TO DEVELOP SCIENCE LEARNING VIDEOS BASED ON PROBLEM BASED LEARNING MODELS. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 41–46. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.758
Terbitan  :