EFEKTIVITAS APLIKASI WATTPAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA

Sutarini Sutarini ( Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah )
Dara Fitrah Dwi ( Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah )

Abstrak

Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media Wattpad dalam meningkatkan minat baca siswa kelas XI SMK YPK Mabar Kec. Medan Deli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif noneksperimen dengan menggunakan metode korelasional, yaitu penelitian dengan penilaian hubungan antara dua atau lebih fenomena. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPK Mabar sebanyak 20 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrumen dan teknik yang dilakukan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah jenis instrumen non-tes yang terdiri dari angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa skor untuk variabel X (penggunaan aplikasi Wattpad) secara keseluruhan mencapai 774 skor, sedangkan pada variabel Y (minat baca) mencapai 869 skor. Korelasi antara variabel x dengan variabel y adalah 0,789 dengan interpretasi korelasi cukup karena berada di antara 0,600 sampai dengan 0,800. Apabila rxy (nilai hitung) = 0,789 disignifikansikan dengan r tabel product momen dengan jumlah N = 20 pada taraf signifikan 5% = 0,444 dan pada taraf 1% = 0,561, ternyata nilai yang diperoleh melalui perhitungan lebih besar rhitung  yaitu 0,220 < 0,789 > 0,561. Maka dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan aplikasi wattpad terhadap minat baca siswa SMK YPK Mabar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afriana, S. (2018). Peranan Aplikasi Wattpad dalam Mengasah Kemampuan Menulis [Universitas Komputer Indonesia]. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/93/13/UNIKOM_41814171_SHELMA AFRIANA ULFA_ARTIKEL.pdf

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Damayanti, I. P., Santoso, B., & Herlina, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Pemustaka Upt Perpustakaan Uin Raden Fatah Palembang. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(2), 141–152. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.2765

Hardi F01110023, Asriati, N., & Purwaningsih, E. (2014). PENGARUH MINAT MEMBACA BUKUTERHADAP HASIL BELAJARMAHASISWA BKK AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v3i7.6456

Putri, R. A. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Dalam Memotivasi Siswa Untuk Menulis Cerita. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 58–65. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i1.2697

Rohmatul, N. (2021). Literasi Terancang dalam Aplikasi Wattpad. Apa Itu Wattpad? https://www.kompasiana.com/nurulnunu/60d0b6a26ae34e3651721532/literasi-terancang-dalam-aplikasi-wattpad

Simanjuntak, N., Naibaho, P., Arif, S., & Medan, U. N. (2021). Pemanfaatan Wattpad Sebagai Media Pembelajaran Menulis Cerita. 6. http://digilib.unimed.ac.id/43369/1/Fulltext.pdf

Syamsuddin., Vismaia., D. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Rosdakarya.

Utami, L. D. (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. https://perpustakaan.kemendagri.go.id/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara/

Wulansari, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama. Prosiding Samasta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Wattpad, Media, Minat Baca Wattpad, Media, Reading Interest
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-09
Cara Mengutip  :  
Sutarini, S., & Dwi, D. F. (2022). EFEKTIVITAS APLIKASI WATTPAD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.751
Terbitan  :