PENGEMBANGAN LKPD TEMPE KEMUL (KETERAMPILAN MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG PERMULAAN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I

Lola Dwi Rapinka ( Universitas Muhammadiyah Jakarta )
Sholehuddin Sholehuddin ( Universitas Muhammadiyah Jakarta )
Sriyanti Rahmatunnisa ( Universitas Muhammadiyah Jakarta )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD TEMPE KEMUL (Keterampilan Membaca, Menulis, dan Berhitung Permulaan) untuk peserta didik kelas I. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengaplikasikan model ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahap, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Muhammadiyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo Jawa Tengah. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan penilaian antara lain 1) validasi ahli materi mendapatkan 82% termasuk kategori sangat valid, 2) validasi ahli mendapatkan 98% termasuk kategori sangat valid, 3) validasi ahli media mendapatkan kevalidan 78% termasuk pada kategori valid. Penilaian kepraktisan guru peserta didik 1) uji kepraktisan guru, mendapatkan 92% termasuk kategori sangat praktis, 2) uji kepraktisan kelompok kecil, mendapatkan 97% termasuk kategori sangat praktis, 3) uji kepraktisan kelompok besar, mencapai 99% termasuk kategori sangat praktis. Berdasarkan data-data tersebut, maka LKPD TEMPE KEMUL untuk pembelajaran keterampilan membaca, menulis, dan berhitung permulaan layak digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hamzah, Amir. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development): Uji Produk Kuantitatif fan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: Literasi Nusantara

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan

Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Maulida Hasanah, P., Martati, B., & Rahayu, P. (n.d.). analisis faktor penyebab kesulitan berhitung permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya.

Solihin, L., Utama, B., Pratiwi, I., & Novirina. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34. In Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 2). http://repositori.kemdikbud.go.id/13033/1/Puslitjakdikbud_Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi

Yunidar, Y. (2021). Exploring the Factors that Support Reading Literacy of Elementary School Students in Palu City. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 662.


Keywords  :  
Kata Kunci: LKPD, Membaca, Menulis, Berhitung Permulaan LKPD, Reading, Writing, Beginning Counting
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-07
Cara Mengutip  :  
Rapinka, L. D., Sholehuddin, S., & Rahmatunnisa, S. (2022). PENGEMBANGAN LKPD TEMPE KEMUL (KETERAMPILAN MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG PERMULAAN) UNTUK PESERTA DIDIK KELAS I. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 70–77. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.745
Terbitan  :