PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUANTUM READING PADA SISWA KELAS V SDIT AL AKHYAR KABUPATEN BUNGO
Abstrak
Membaca adalah salah satu keterampilan yang sangat penting untuk diajarkan di Sekolah Dasar. Strategi Quantum Reading adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca peserta didik, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi Quantum Reading dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada saat prabaca, saatbaca dan pascabaca di kelas V SDIT Al-Akhyar Muara Bungo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan empat rangkayan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi Quantum Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca di kelas V SDIT Al-Akhyar Muara Bungo.
Unduhan
Referensi
Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat ketenagaan
Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hernowo. 2003. Quantum Reading Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: MLC
Nurhadi. 2005. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 1985. Membaca sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wainwright. Gordon. 2006. Speed Reading better Reccalling. Terjemahan Heru Sutrisno. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Hasil Belajar, Membaca, Quantum Reading Learning Outcomes, Reading, Quantum Reading
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2022-06-10
|
Cara Mengutip | : |
Guswita, R., Aprizan, A., & Subhanadri, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI QUANTUM READING PADA SISWA KELAS V SDIT AL AKHYAR KABUPATEN BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 90–97. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.744
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|