PENGGUNAAN JOB STICK DALAM BERTANYA UNTUK MENGUPAYAKAN KEAKTIFAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA SISWA KELAS II SD

Nofri Isabela Bano ( Universitas Pelita Harapan )
Wiyun Philipus Tangkin ( Universitas Pelita Harapan )

Abstrak

Pembelajaran yang aktif, seharusnya melibatkan siswa dan guru secara keseluruhan. Namun fakta yang ditemukan adalah siswa pasif dan lebih banyak diam. Dalam hal ini ketika ditanya, sebagian besar siswa tidak menjawab pertanyaan guru. Keadaan ini berulang dan hanya beberapa siswa yang sama, yang selalu aktif menjawab pertanyaan guru. Oleh karena itu, penggunaan media yang tepat dapat membantu siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, salah satunya adalah job stick. Dengan demikian, tujuan penulisannya adalah mendeskripsikan penggunaan job stick dalam bertanya, untuk mengupayakan keaktifan menjawab pertanyaan pada siswa kelas II SD, dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah setalah diterapkan media job stick, kebanyakan siswa kelas II aktif dalam menjawab pertanyaan, antusias, dan bersemangat, memerhatikan setiap penjelasan guru, dan semua siswa punya kesempatan yang sama. Dalam penerapan media job stick, guru, dimampukan oleh Tuhan, untuk mengupayakan potensi yang Tuhan berikan bagi siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan job stick dalam bertanya mampu mengupayakan keaktifan menjawab pertanyaan pada siswa kelas II Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adinugraha, H., Amilatul, I., Na'im, Z., Mulyono, S., Fikri, M. K., Suwantoro, Saefullah, A. (2021). Tetap Kreatif dan inovatif Di tengah Pandemi Covid-19 (Jilid I). Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Albaar, M. R. (2020). Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Crowe, C. (2012). How To Bullyproof Your Classroom. London: Northeast Foundation For Children.

Elyasni, R., Rahmatina, & Habibi. (2018). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Malang: Literasi Nusantara.

Faradita, M. N. (2019). Metode Talking Stick Dalam pembelajaran. Surabaya: Mavendra Pers.

Gilang, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Jawa Tengah: Lutfi Gilang.

Gultom, E. L., Sitompul, H., & Tamba, K. P. (2019). Guru Kristen Sebagai Penuntun Siswa Kelas XII Di Satu Sekolah Kristen. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, Vol 3, No 1 Dec 2019, 63 - 79. doi:DOI: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v3i1.1966

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Hassan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tharim, T., Anwari, A. M., . . . Indra, M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Isti'adah, F. N. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Maloring, B. D., Sandu, A., Soesanto, R. H., & Seleky, J. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Matematika. POLYGLOT : Jurnal Ilmiah, Vol 16, No 2 July 2020, 282-301. doi:DOI: dx.doi.org/10.19166/pji.v16i2.2441

Panggabean, D. (2019). Mengapa Aku Mengajar?: Memandang Kepada Kristus Sang Guru Agung. Jakarta: Literatur Perkantas.

Philibert, C. T. (2021). Everyday SEL in Early Childhood Integrating Social Emotional Learning and Mindfulness Into Your Classroom. New York: Taylor & Francis.

Rohani. (2017). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Bidang Studi PKN Kelas V SD Negeri 175 Hutatinggi. Jurnal Sekolah, Vol 1 (3), 84-93. Retrieved from https://docplayer.info/97136140-Meningkatkan-keaktifan-belajar-siswa-dengan-menerapkan-model-pembelajaran-talking-stick-pada-bidang-studi-pkn-kelas-v-sd-negeri-175-hutatinggi.html

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau: PT Indragiri Dot Com.

Sholeha, W., Rahaju, & Wulandari, T. C. (2019). Peningkatan Prestasi Belajar dengan Pembelajaran Talking Stick dan Media Tangram. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, Nomor 2, 81-88. doi:https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.245

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Susanti, E., Darminto, B. P., & Yuzianah, D. (2014). Upaya Meningkatkan Minat Dan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Metode Talking Stick. EKUIVALEN: Pendidikan Matematika, Vol 8 No 4. Retrieved from https://adoc.pub/upaya-meningkatkan-minat-dan-keaktifan-belajar-matematika-me.html

Tonapa, A. A., Indriani, S., & Silalahi, D. W. (2016). Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VIII pada Pelajaran Biologi di Sekolah Kristen ABC Karawaci .

Utamayasa, I. G. (2021). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Yaumi, M., & Hum, M. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Keywords  :  
Kata Kunci: Job Stick, Keaktifan, Media, Pembelajaran Job Stick, Activity, Media, Learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-12-01
Cara Mengutip  :  
Bano, N. I., & Tangkin, W. P. (2022). PENGGUNAAN JOB STICK DALAM BERTANYA UNTUK MENGUPAYAKAN KEAKTIFAN MENJAWAB PERTANYAAN PADA SISWA KELAS II SD. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 279–285. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.743
Terbitan  :