ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

FAUZATUL MA'RUFAH ROHMANURMETA ( Universitas PGRI Madiun )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan kurikulum 2013 pada masa pandemi covid 19, dan dampak sistem pembelajaran daring yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis.  Jenis pelitian dilakukan dalam bentuk penelitian perpustakaan. Penelitian perpustakaan dilakukan dengan kegiatan mengamati berbagai literatur yang berhubungan dengan permasalahan.  Hasil dari penelitian ini adalah adanya kebijakan kurikulum 2013 di masa pandemi covid 19 mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring dengan adanya ketetapan merdeka belajar. Kebijakan ini ditetapkan untuk mencegah adanya penyebaran Covid 19. Pelaksanaan pembelajaran daring memiliki beberapa hambatan, diantaranya kurangnya fasilitas elektronik yang dimiliki orang tua siswa pada tingkat SD, dan adanya jaringan internet yang tidak lancar. Sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 dengan pembelajaran daring tidak sepenuhnya efektif untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adam, A. F. B. (n.d.). Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Lingkungan Hidup Pada Program Adiwiyata Mandiri di SDN Dinoyo 2 Malang. 2, 8.

Al-Nasa’h, M., Al-Tarawneh, L., Abu Awwad, F. M., & Ahmad, I. (2021). Estimating students’ online learning satisfaction during COVID-19: A discriminant analysis. Heliyon, 7(12), e08544. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e08544

Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Fagroud, F. Z., Toumi, H., Ben Lahmar, E. H., Talhaoui, M. A., Achtaich, K., & Filali, S. E. (2021). Impact of IoT devices in E-Health: A Review on IoT in the context of COVID-19 and its variants. Procedia Computer Science, 191, 343–348. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.07.046

Kumari, T. A., Hemalatha, Ch., Ali, M. S., & Naresh, R. (2020). Survey on Impact and Learning’s of the Online Courses on the Present Era. Procedia Computer Science, 172, 82–91. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.167

Nurmawiya, & Harvian, K. A. (2022). Public sentiment towards face-to-face activities during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Procedia Computer Science, 197, 529–537. https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.170

Nyoni, C. N., & Botma, Y. (2020). Integrative review on sustaining curriculum change in higher education: Implications for nursing education in Africa. International Journal of Africa Nursing Sciences, 12, 100208. https://doi.org/10.1016/j.ijans.2020.100208

Penrod, D., Shaw, T., Nash, J., Dierkes, M., & Collins, S. (2022). Community college students’ perspectives on online learning during COVID-19 and factors related to success. Teaching and Learning in Nursing, S1557308722000129. https://doi.org/10.1016/j.teln.2022.01.012

Prastowo, A. (1970). Paradigma Baru Madrasah dalam Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113

Rosumeck, S., Wagner, M., Wallraf, S., & Euler, U. (2020). A validation study revealed differences in design and performance of search filters for qualitative research in PsycINFO and CINAHL. Journal of Clinical Epidemiology, 128, 101–108. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2020.09.031

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (n.d.). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. 13.

Surani, D. (2019). STUDI LITERATUR : PERAN TEKNOLOG PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN 4.0. 2, 14.

Walsh, K., Brandon, L., & Kruck, L.-A. J. (2019). Audit tool for assessing child sexual abuse prevention content in school policy and curriculum. Heliyon, 5(7), e02088. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02088

Wlodarczyk, J. R., Alicuben, E. T., Hawley, L., Sullivan, M., Ault, G. T., & Inaba, K. (2020). Development and emergency implementation of an online surgical education curriculum for a General Surgery program during a global pandemic: The University of Southern California experience.


Keywords  :  
Kata Kunci: 2013 Curriculum Policy, Online Learning, Covid Pandemic 19 Kebijakan Kurikulum 2013, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-03
Cara Mengutip  :  
ROHMANURMETA, F. M. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 TERKAIT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.741
Terbitan  :