PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Anggelia Putri ( Universitas Negeri Padang )
Reinita Reinita ( Universitas Negeri Padang )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video powtoon pada pembelajaran tematik terpadu berbasis modeI Problem Based Learning (PBL) di kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan praktis.Jenis peneIitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D Tahap 1 yaitu Define, tahap II Design, tahap III Develop, tahap IV yaitu Disseminate, pada tahap Disseminate tidak peneliti lakukan karena keterbatasan wakktu dan biaya. Maka peneliti hanya melakukan sampai tahap pengmbangan (develop). Hasil dari penelitian Pengembangan Media Video Powtoon yang dikembangkan memperoleh hasil uji validitas materi mendapatkan persentase sebesar 93%, hasiI uji valididtas bahasa sebesar 87,5%, dan hasiI uji valliditas media sebesar 92,85%. Sedangkaan pada hasil uji praktiklalitas angket respon guru memperoleh hasil sebesar 87,50% dan hasil uji praktiikalitas angket respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 88,96%. Dengaan demikian dapat disimpuIkan bahwa Media Video Powtoon pada pembelajaran temmatik terpadu di kelas IV Sekolah Dasar telah valid dan prkaktis digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aprilia, D., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Bebrasis GeoGebra untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8 No 8 (2020). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10390

Awalia, Izomi, dkk (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 10, No 1 (2019). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Daryono, Dkk. (2020). Panduan Pembelajaran Via Simulasi Digital (SIMDIG). Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Lestari, N D., Hermawan, R & Heryanto, D. (2018). Pengembangan Media Powtoon untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 8 No 3 (2008) https://doi.org/10.17509/jpgsd.v3i3.20748

Nuris & Zuardi. (2020). Penggunaan Model Problem Base Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 8 No 8 (2020). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/10125/0

Siddiq & Reinita. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Cooperative tipe Course Review Hooray Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar.

Sutarti, T., & Irawan. ( 2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitan Pengembangan. Yogyakatra: CV Budi Utama.

Wiyoko, T., Avana, N., & Misdaleni. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol 13, No 1(2022). http://dx.doi.org/10.31258/jp.13.1.83-92


Keywords  :  
Kata Kunci: Powtoon, Problem Based Learning (PBL), Model 4-D Powtoon, Problem Based Learning (PBL), Model 4-D
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-02
Cara Mengutip  :  
Putri, A., & Reinita, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO POWTOON PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.692
Terbitan  :