PENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI SEKOLAH DASAR

Aprizan Aprizan ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Tri Wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0002-0470-5345 )
Titis Wulandari ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematik, dimana termasuk mata pelajaran yang berkaitan erat dengan alam sekitar, mengarahkan guru untuk menggunakan lingkungan sekitar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18/II Tebing Tinggi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas, yaitu terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek peneltian yaitu 1 pendidik dan 35 peserta didik. Hasil penelitian ini telihat proses pembelajaran pendidik, siklus I dengan rata-rata persentase 88,8%, siklus II dengan rata-rata persentase 100%. Observasi peserta didik selama proses pembelajaran siklus I dengan rata-rata persentase 69,5%, siklus II meningkat dengan rata-rata persentase 87,3%, dikatakan berhasil. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Number Head Together berbantu media gambar dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik di kelas IV.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agnes Pendy, H. M. M. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.

Balukh, J. A., Kresnadi, H., & Asran, M. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kerja Kelompok dalam Pembelajaran IPAdi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–14. Sumarni, Siti Halidjah, Hery Kresnadi

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Badan Standar Nasional Pendidikan 2006. 1–23. http://bsnp-indonesia.org/id/wp-content/uploads/kompetensi/Panduan_Umum_KTSP.pdf

Marianana, M. A., & Praginda, W. (2015). Hakikat Ipa dan Pendidikan Ipa. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9).

Megawati, M & Subhanadri, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342-356. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.169

Perwita, L. W., & Indrawati, T. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di SD. … Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 4.

Riyanto, Y. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran, sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Mengimplementasi Pembelajaran yang Epektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. Elementary: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Zuliana Minawati, Sri Haryani, S. D. P. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Tema Sistem Kahidupan Dalam Tumbuhan Untuk Smp Kelas Viii. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(3), 587–592. https://doi.org/10.15294/usej.v3i3.4265


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, NHT Learning Outcomes, IPA, NHT
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-11-30
Cara Mengutip  :  
Aprizan, A., Wiyoko, T., & Wulandari, T. (2021). PENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.634
Terbitan  :