PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DI PONDOK PESANTREN
Abstrak
Lunturnya sikap demokratis generasi muda yang disebabkan oleh perkembangan IPTEK yang berlangsung secara signifikan pada era globalisasi, membuat generasi muda yang tidak siap menghadapi situasi tersebut akan terbawa arus perubahan apa adanya tanpa memilih budaya seperti apa yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang eksistensinya sudah diakui oleh Negara, memiliki peran penting dalam mendidik para santri agar berperilaku baik dan memiliki sikap demokratis, begitu juga saat para santri sudah terjun ke dunia masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman pendidikan karakter demokratis, pentingnya karakter demokratis dalam diri santri, serta hal-hal yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter demokratis di Pondok Pesantren Putri Walisongo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni tahun 2021 dengan mengumpulkan data-data melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Kajian ini menghasilkan temuan: 1) pelaksanaan penanaman pendidikan karakter demokratis di PPP Walisongo melalui metode keteladanan/ Uswah Hasanah, Pembiasaan, dan Pendisiplinan. Ketiga metode tersebut diterapkan pada kegiatan sehari-hari santri maupun kegiatan berorganisasi, 2) penting bagi santri memiliki karakter demokratis karena berdemokrasi merupakan salah satu ajaran Islam yang bersendikan pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Pondok Walisongo ini memiliki penekanan pada Al-Qur’an dan Al-Hadits. Selain itu, demi mewujudkan tujuan pendidikan nasional, 3) Hal-hal yang mendukung dan menghambat pelaksanaan penanaman karakter adalah dari segi anak, orang tua, komponen organisasi, sarana dan prasarana, religiusitas, dan lingkungan.
Unduhan
Referensi
Alamsyah, Andi Rahman. 2014. Pendidikan Demokrasi Pada Masyarakat. Bandung: PT. Bumi Aksara
Baharun, Hasan dan Mahmudah. 2018. Konstruksi Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Pesantren. Jurnal Mudarrisuna, Vol.8 No.1, Januari-Juni 2018.
Bakri, Maskuri dan Dyah Werdiningsih. 2007. Membumikan Nilai Karakter Berbasis Pesantren. Jakarta: Nirwana Media
Firdaus, Anang. 2014. Biografi KH. Adlan Aly Karomah Sang Wali. Jombang: Tebuireng Media Group
Hakim, Kama Abdul Hakim dan Encep Syarief Nurdin,2016. Metode Internalisasi Nilai-nilai untuk Modifikasi Prilaku Berkarakter. Bandung: Maulana Media Grafika
Kesuma, Darma, dkk. 2018. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya Kurniawan, Moh. Wahyu dan Adi Slamet Kusumawardana. Strategi Penguatan Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Jurnal Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik PKn, Vol.7 No.1, Mei 2020
Mastuhu. 1994. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren. Jakarta: INIS
Mayo, Hendri B. 2012. NIlai Demokrasi. Bandung: PT. Bumi Aksara
Munawaroh, Azizah. 2014. Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.7, No.2, 2019
Rauf, Maswadi. 2014. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Shihab, M. Quraish Shihab. 2016. Yang Hilang dari Kita: Akhlak. Tangerang Selatan: PT. Lentera Hati
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Syafa’at, Tubagus Aat dkk.2008. Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jakarta: PT.Grafindo Persada
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter Demokratis, Pondok Pesantren Democratic Character Education, Islamic Boarding School
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2021-12-01
|
Cara Mengutip | : |
Na'imah, I., & Bawani, I. (2021). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DI PONDOK PESANTREN. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 228–236. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.604
|
Terbitan | : |