ANALISIS KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID -19

Nourma Yunita ( UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK )
Lidia Aditama Putri ( Universitas Muhammadiyah Gresik )

Abstrak

Persebaran virus corona di berbagai negara membuat perubahan perubahan besar, seperti bidang ekonomi, teknologi dan tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing. Pemerintah pusat hingga daerah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Kebijakan lockdown atau karantina dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi interaksi dengan banyak orang yang dapat memberi akses penyebaran virus tersebut. Kebijakan belajar dari rumah mengakibatkan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui analisis kepuasan orang tua wali murid terhadap pembelajaran daring selama masa pandemi Covid -19 di RA Al-Akbar Surabaya. Metode penelitian dengan Pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah wali murid RA Al-Akbar Surabaya sebanyak 165. Sampel diambil berdasarkan menggunakan sistem random (acak) sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak sehingga didapatkan sampel sejumlah 131 orang. Teknik pengumpulan data dengan google form. Teknik analisis data menggunakan analisis dengan cara memetakan distribusi frekuensi pada aspek-aspek kepuasan. Hasil Penelitian ini memiliki nilai rata-rata kepuasan wali siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di RA Al-Akbar Surabaya adalah sebesar 52,85%. Rata-rata tingkat penilaian kenyataan layanan pembelajaran daring selama masa pandemic covid adalah 2,04 (Cukup Memuaskan) sedangkan tingkat harapannya adalah 3,86 (Penting). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa lebih dari 50 % wali murid di RA Al-Akbar Surabaya merasa puas terhadap pembelajaran daring selama pandemi pandemi covid.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agus Prianto. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah (Studi pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 9 Nomer 3 Halaman 1062.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryani, Dwi. Dan Rosinta, Febrina. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Adsminitrasi dan Organisasi, Vol. 17(2) hal: 114-126.

Dewi, wahyu. A.f. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.

Didin Kurniadin & Imam Machali. 2012. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz

Harun alrasid, 2015., skripsi kepuasan orang tua siswa terhadap layanan pendidikan lembaga paud di Tk It Al-Khairaat kecamatan umbulharjo kota yogyakarta.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 151-159.

Martinus Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat: Gaung Persada Press Group.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Sobron, A.N, dkk. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1 (2), 30-38.

Tedjawati, dkk. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Anak Usia Dini Percontohan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.


Keywords  :  
Kata Kunci: Kepuasan, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 Satisfaction, Online Learning, Covid-19 Pandemic
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Yunita, N., & Putri, L. A. (2021). ANALISIS KEPUASAN ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID -19. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 237–247. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.591
Terbitan  :