PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH GURU PPKN KELAS XI IPA III DAN IV SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Nurjanah Nurjanah ( Pendidikan PKn FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak )
Syamsuri Syamsuri ( Universitas Tanjungpura )
Shilmy Purnama ( Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemanfaatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 oleh guru PPKn kelas XI IPA III dan IV SMA Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 2 orang guru PPKn dan 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi secara langsung, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, dan alat dokumentasi. Hasil penelitian pemanfaatan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 oleh guru PPKn kelas XI IPA III dan IV SMA Negeri Satu Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya sudah terlaksana dengan baik. Hal ini di buktikan dengan peran guru PPKn kelas XI IPA III dan IV proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan google meet, classroom, dan Whatsapp group.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Assessment in Distance Learning in Emergencies Spread of Coronavirus Disease ( Covid-19 ). Jurnal Pedagogik, 07(01), 195–222. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik

Janu, M. (2020). Perjuangan Guru pada Masa Pandemi Covid-19. www.kompaspedia.kompas.Id, September, 1-3. https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/kronologi/cerita-guru-di-masa-pandemi-covid-19

Khalili, H., & Xyrichis, A. (2020). A longitudinal survey on the impact of the COVID-19 pandemic on interprofessional education and collaborative practice: a study protocol. Journal of Interprofessional Care, 34(5), 691-693. https://doi.org/10.1080/13561820.2020.1798901

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1-12. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/1190

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/pg8ef

Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(1), 79-90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328

Sudaryono (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Kencana

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta


Keywords  :  
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Covid-19, Guru Online Learning, Covid-19, Teacher
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Nurjanah, N., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2021). PEMANFAATAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH GURU PPKN KELAS XI IPA III DAN IV SMA NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 118–123. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.589
Terbitan  :