PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO

Muhammad Hakiki ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Radinal Fadli ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Revolusi industri 4.0 yang terjadi berpengaruh pada dunia pendidikan, dimana pendidikan hendaknya mengaintegrasikan teknologi informasi kedalam proses pembelajaran. Pengintegrasian teknologi tersebut semakin distimulus juga oleh terjadinya pendemi covid-19 yang tidak memungkinkan proses pelaksanaan pembelajaran secara tatap muka, sehingga perlu suatu inovasi media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran secara daring (online). Salah satu media yang dibutuhkan berupa penerapan media pembelajaran E-learning berbasis web, diamana pembelajaran E-learning berbasis web ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan sehingga tujuan pendidikan yang diinginkan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran e-learning berbasis web pada matakuliah profesi kependidikan yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan ini adalah sebuah media yang valid dengan rata-rata validitas sebesar 0.91%, dan praktis dengan nilai kepraktisan dari respon guru sebesar 90.00% dan respon mahasiswa sebesar 85.75%, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman masiswa yang juga berimplikasi pada meningkatnya hasil belajar mahasiswa dengan diperoleh perbandingan hasil preetest dan posttest terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar 78.125%. Target penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran E-learning berbasis web yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini akan dilakukan pada matakuliah Profesi Kependidikan di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) pada semester genap tahun ajar 2020/2021, Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Data akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil studi pengembangan ini diharapkan diperoleh media pembelajaran E-learning berbasis web (validitas, Praktikasan, dan efektifitas).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amri, I., Syuhendri, S., & Ketang, W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB Untuk Mata Kuliah Pendahuluan Fisika Inti. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 25-35.

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10.

Harahap, S. H. (2015). Pemanfaatan e-learning berbasis LCMS Moodle sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah sistem informasi akuntansi. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 15(1).

Purwandani, I. (2018). Pengukuran Tingkat Kepuasan Mahapeserta didik Pengguna Elearning dengan Menggunakan End User Computing (EUC) Satisfaction Studi Kasus: Akademi Bina Sarana Informatika. SNIT 2018, 1(1), 112-117.

Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis virtual class berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu TarbiyahJurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2.

Sutrisno, T. (2016). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3).

Widiantoro, B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Memahami Model Atom Bahan Semikonduktor Di SMKN Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2).


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Pembelajaran, E-Learning, Web Learning Media, E-Learning, Web
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182–189. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.571
Terbitan  :