PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK

SUBHANADRI SUBHANADRI ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Penelitian ini berawal dari masalah kurangnya guru melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, kurangya guru dalam memandu peserta didik untuk melakukan latihan-latihan, kurangnya guru menjelaskan kembali hal-hal yang sulit dipahami oleh peserta didik. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pendekatan scientific terhadap hasil belajar tematik di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 166/II Desa Tirta Mulya Kabupaten Bungo.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah the static camparison: randomized kontrol group only design. Dimana pada kedua kelas sampel diterapkan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen diterapkan pendekatan scientific sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD N 166/II Desa Tirta Mulya Kabupaten Bungo  dengan sampel kelas IB sebagai kelas eksperimen dan kelas IA sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Data penelitian dikumpulkan melalui tes hasil belajar peserta didik. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan,disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan scientific dengan hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan pendekatan konvensional pada pembelajaran tematik terpadu, t hitung diperoleh 3,914 dengan taraf signifikan 5% adalah 1,645.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Keywords  :  
Kata Kunci: learning outcomes, scientific approach Hasil Belajar, Pendekatan Scientific
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-11-05
Cara Mengutip  :  
SUBHANADRI, S. (2018). PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 68–77. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/56
Terbitan  :