PENGARUH PENDEKATAN CTL DENGAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Puput Wahyu Hidayat ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )
ABDULAH - ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan contextual teaching and learning dengan pemberian soal open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Rancangan  penelitian  yang  dilakukan  oleh  peneliti  adalah  dengan  menggunakan  metode penelitian kuantitatif dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa semester II PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terdiri atas 4 kelas. Sementara itu, dua kelas terpilih dijadikan sebagai sampel penelitian, Kelas B dan Kelas C. Kemampuan berpikir kreatif diukur dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  1) nilai rata-rata kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai 80,93. 2) untuk kelas kontrol berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata posttest sebesar 78,40. 3) pendekatan contextual teaching and learning dengan pemberian soal open ended lebih baik darapida pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Keywords  :  
Kata Kunci: creative thinking ability, CTL, open ended kemampuan berpikir kreatif, CTL, open ended
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-11-08
Cara Mengutip  :  
Hidayat, P. W., & -, A. (2018). PENGARUH PENDEKATAN CTL DENGAN SOAL OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 78–91. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/55
Terbitan  :