ANALISIS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI

Yantoro Yantoro ( Universitas Jambi )
Muhammad sholeh ( Universitas Jambi )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sekolah unggul di masapandemi (studi analisis kepemimpinan kepala sekolah pengembangan kualitas pembelajaran). Jenis penelitian adalah penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47/IV kota jambi Provinsi Jambi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2021/2022. Data yang diambil dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh dari sumber utama yaitu informan penelitian (kepala sekolah dan guru kelas. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dikumpulkan oleh peneliti, maka dapat dijelaskan bahwa kepala sekolah SD Negeri 47/IV Kota Jambi melalui kepemimpinan manajerialnya dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, dan mengawasi sekolah untuk mengembangkan kualitas pembelajaran manajerial, membuat perencanaan yang strategis yaitu untuk pengembangan sekolah, dimana secara keseluruhan perencanaan yang berkaitan dengan mengarahkan guru untuk melengkapi administrasi pembelajaran, penggiatan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) sekolah, pembiasaan kegiatan literasi sebelum pembelajaran dimulai.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asiah, S. (2017). Kepemimpinan Manajerial Pimpinan Lembaga Pendidikan (Kepala Sekolah) dalam Pengembangan Kualitas Produktivitas Kinerja Guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-14.

Firdaus., & Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Sleman: Deepublish.

Ismaniati, C. (2010). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 16.

Jamali, A., & Prasojo, L. D. (2013). Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, lingkungan, motivasi guru, terhadap prestasi siswa SMA Muhammadiyah kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 8-21.

.Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114-130.

Mulyasa, H.E. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Permendiknas No.13 Tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/ Madrasah

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Yantoro, Y. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sekolah Efektif. Jurnal Penelitian Universitas Jambi: Seri Humaniora, 15(1), 43480


Keywords  :  
Kata Kunci: Managerial, Pengembangan Pembelajaran, Sekolah Unggul Managerial, Learning Development, Excellent School
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Yantoro, Y., & sholeh, M. (2021). ANALISIS KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DI MASA PANDEMI. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 175–181. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.544
Terbitan  :