TINGKAT LITERASI SASTRA DI SMA SETANGERANG SELATAN

Abdul Sahri Wiji ( UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )
Yuanita Fitriyana ( UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )
Sulvia Aisyah Amimi ( UIN Syarif Hidayatullah Jakarta )

Abstrak

Literasi dapat dikatakan sebagai kemampuan menulis dan membaca. Kegiatan literasi diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan juga pemahaman melalui bacaan yang dibaca. Sejak tahun 2016 pemerintah sudah menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN), yang merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam membudayakan literasi di Indonesia. Lembaga pendidikan juga terus menumbuh kembangkan budaya literasi pada siswa-siswanya agar mereka terbiasa dalam berliterasi. Literasi telah berkembang pada masyarakat lisan. Literasi sastra dapat dimaknai sebagai kemampuan baca dan tulis di bidang sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi di SMA se-Tangerang Selatan. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrumen wawancara yang dilakukan secara online. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa dari 60 sampel siswa yang diteliti, 54 dari sampel tersebut sudah mengetahui mengenai sastra. Untuk membaca karya sastra, 81 dari 109 siswa sudah pernah membaca karya sastra bahkan 6 diantaranya sering membaca karya sastra. Sedangkan 87 dari 115 siswa sudah pernah membuat karya sastra bahkan 7 siswa digolongkan sering membuat karya sastra. Terdapat adanya hubungan yang  positif  dan signifikan dari siswa terhadap literasi sastra di era milenial saat ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atar Semi, M. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: PT Angkasa.

Badrun, Ahmad. (1983). Pengantar Ilmu Sastra dan Teori Sastra. Jakarta: Usaha Nasional.

Eagleton, Terry. (2010). Teori Sastra: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalansutra.

Esten, Mursal. (1978). Kesustraaan Pengantar Teori & Sejarah. Bandung: Angkasa.

Gilster, P., & Watson, T. (1997). An Excerpt from Digital Litearcy. Digital Literacy.

Graff, Harvey J. (2006). Literacy. Redmond, WA: Microsoft Corporation.

Rahmanto, B. (1988). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: PENEBIT KANISIUS.

S., Yudiono K. (2010). Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Sudjiman, Panuti. (1986). Kamus Istilah Sastra Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Teale, William H, and Elizabeth Sulzby. (1986). Emergent Literacy: Writing and Reading: Ablex Corp. University of Minnesota.

Webster, Merriam. (2004). Merriam Webster’s Collegate Dictionary. United States of America: Merriam Webster Incorporated.


Keywords  :  
Kata Kunci: Literasi, Sastra, Pendidikan, Siswa Literacy, Literature, Education, Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-11
Cara Mengutip  :  
Wiji, A. S., Fitriyana, Y., & Amimi, S. A. (2022). TINGKAT LITERASI SASTRA DI SMA SETANGERANG SELATAN. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 106–111. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.534
Terbitan  :