Pengaruh PenerapanStrategi Belajar Aktif tipe Practice Rehearsal pairs Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo

NURLEV AVANA ( STIKP )

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi karena hasil belajar mahasiswa masih rendah,Salah satu cara yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan melaksanakan pembe lajaran dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Practice rehearsal pairs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa STKIP Muhammadiyah muara bungo selama menerapkan strategi belajar aktif tipe Practice rehearsal pairs dan apakah kemampuan pemahaman konsep matematismahasiswadengan menerapkan strategi belajar aktif tipe Practice rehearsal pairs lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa STKIP Muhammadiyah muara bungo dengan pembelajaran konvensinal.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek, Teknik pengambilan sampel adalah secara acak. Sehingga terpilih kelas sampel sebagai kelas eksperimen dan  kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuis dan tes akhir belajar. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji-t.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh adanya perkembangan kemampuan pemahaman konsep siswa selama menerapkan strategi belajar aktif tipe Practice rehearsal pairs dan  rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 78,33 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 69,37. Dari hasil uji statistik t  diperoleh thitung=2,15 dan ttabel=1,71, sehingga thitung > ttabel dan dari software MINITAB diperoleh p-value=0.018. Terlihat bahwa  p-value lebih kecil dari pada . Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran aktif tipe Practice rehearsal pairs lebih baik dari kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa dengan pembelajaran secara konvensional  pada taraf kepercayaan 95%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Keywords  :  
Kata Kunci: Influence of learning tipe Practice Rehearsal Pairs
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2018-11-02
Cara Mengutip  :  
AVANA, N. (2018). Pengaruh PenerapanStrategi Belajar Aktif tipe Practice Rehearsal pairs Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 3(1), 25–32. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/53
Terbitan  :