PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA DEPRESI, STRES, DAN KECEMASAN MAHASISWA

Maya Primeradama Yanti ( Sampoerna University )
Nurul Retno Nurwulan ( Sampoerna University )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat depresi, stres dan kecemasan mahasiswa pada saat mengikuti pembelajaran secara daring selama pandemi COVID-19 menggunakan Depression Anxiety Stress Scale (DASS). Sebanyak 106 mahasiswa Universitas Sampoerna yang berusia 17-25 tahun berpartisipasi di penelitian ini. Pengambilan data dilakukan secara accidental sampling dengan meminta kesediaan partisipan untuk terlibat dalam penelitian ini. Analisis regresi berganda digunakan untuk mengukur faktor-faktor yang mempengaruhi depresi, stres, dan kecemasan pada mahasiswa selama pembelajaran daring. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa susahnya menikmati waktu luang dan perasaan takut tanpa alasan merupakan penyebab depresi, stres, dan kecemasan pada mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-Cov-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), em0060.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Jakarta.

Li, H. Y., Cao, H., Leung, D. Y. P., & Mak, Y. W. (2020). The Psychological Impacts of a COVID-19 Outbreak on College Students in China: A Longitudinal Study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 3933.

Lovibond, S. H., & Lovibond, P. H. (1995). Manual for the Depression Anxiety Stress Scales. Sydney Psychology Foundation Australia.

Nurwulan, N. R., & Selamaj, G. (2020). Working University Students in Riau Archipelago: Dual Role and Depression. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(2), 123-135.

Nurwulan, N. R., Nurhayati, A., Yanti, M. P., Putri, R. A., Trinita, U., & Varza, P. E. (2021). Konflik pada Grup Diskusi Mahasiswa saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 1-19.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus, 12(4), e7541.

Zhou, L., Wu, S., Zhou, M., & Li, F. (2020). ‘School’s Out, but Class’ On’, the Largest Online Education in the World Today: Taking China’s Practical Exploration during the COVID-19 Epidemic Prevention and Control as an Example. Best Evidence in Chinese Education, 4(2), 501-519.


Keywords  :  
Kata Kunci: Depresi, stres, kecemasan, pembelajaran online, mahasiswa Depression, Stress, Anxiety, Online Learning, College Students
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-06-02
Cara Mengutip  :  
Yanti, M. P., & Nurwulan, N. R. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING PADA DEPRESI, STRES, DAN KECEMASAN MAHASISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 58–63. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.520
Terbitan  :