PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MEDIA AUDIO DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD

Oyok Sunaryo ( Pascasarjana Universitas Terbuka )
Sholeh Hidayat ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )
Dodi Sukmayadi ( Universitas Terbuka )

Abstrak

Konsep IPA untuk sebagian besar siswa merupakan konsep yang sulit. Berdasarkan observasi yang dilakukan saat pembelajaran IPA di kelas IV SDN Pasirtenjo 3 menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru. Kondisi inilah yang kemungkinan besar menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar Siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontekstual media audio visual dan kemampuan berpikir ilmiah terhadap hasil belajar IPA Siswa kelas IV  Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas IV SDN Pasirtenjo 3 pada tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 orang, sampel penelitian adalah Siswa kelas IV SDN Pasirtenjo 3 Kabupaten Pandeglang berjumlah 30 orang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual media audio visual dan berpikir ilmiah, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Pengukuran variabel berpikir ilmiah menggunakan angket, sedangkan hasil belajar menggunakan tes hasil belajar IPA berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajaran kontekstual media audio visual dengan yang pembelajaran kontekstual tanpa media audio visual. Kemudian adanya pengaruh interaksi antara pembelajaran kontekstual dengan kemampuan berpikir ilmiah terhadap hasil belajar IPA. Selanjutnya hasil belajar IPA siswa dengan pembelajaran kontekstual media audio visual kemampuan berpikir ilmiah lebih tinggi dibandingkan dengan kontekstual tanpa media audio visual. Serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang kemampuan berpikir ilmiah rendah dengan pembelajaran kontektual bermedia audio visual dibandingkan dengan pembelajaran  kontekstual tanpa media audio visual.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 7, November 2016

Hidayat, S. (2013). Teori Dan Prinsip Pendidikan. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Sari, D & Lestari, N D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Jurnal Neraca Vol 2 No.2, Desember 2018: 71-80

Sarminah. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas VI SD Negeri 004 Tembilahan Kota Kecatamatan Tembilahan. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau Volume 2 Nomor 2 Maret 2018

Wiyoko, T. (2020). Analisis Profil Kemampuan Kognitif Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. IJIS Edu : Indonesian J. Integr. Sci. Education,2(1), 2020

DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2384


Keywords  :  
Kata Kunci: Kontekstual, Berpikir ilmiah, Hasil Belajar Contextual, scientific thinking, learning outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Sunaryo, O., Hidayat, S., & Sukmayadi, D. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MEDIA AUDIO DAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 190–198. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.496
Terbitan  :