PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKPD DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD

Diah Juhaeriah ( Pascasarjana Universitas Terbuka )
Sholeh Hidayat ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )
Ajat Sudrajat ( Universitas Terbuka )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Sangiang 2 berjumlah 60 orang siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik random yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal uraian. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan teknik anova dua jalur. Berdasarkan hasil penghitungan didapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan LKPD dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan LKPD. Hal ini didasarkan dari uji coba statistik anova dua jalur yang menyatakan bahwa signifikansi untuk kategori pembelajaran berbasis masalah   berbantuan LKPD, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VI SD, (3) terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika antara siswa yang memilki kemampuan berpikir kritis tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKPD dan tanpa menggunakan LKPD, dan (4) terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematika antara siswa yang memilki kemampuan berpikir kritis rendah yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKPD dan tanpa menggunakan LKPD. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Erni, Puspitasari.(2017). Pengaruh Disposisi Matematis dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. DOI: doi.org/10.21009/JPD.081.12

Karsim, H. Suyitno, dan Isnarto (2017). Influence of IQ and Mathematical Disposition Toward the Problem Solving Ability of Learners Grade VII Through PBL Learning Model with the Assistance LKPD. Artikel Abstrak” 6 (3): 352–59. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i3.16936.

Napitupulu, Ester Lince.(2013, 27 Januari). Indonesia Alami Krisis Pendidikan. Kompas.

Octaria, Dina dan Eka Fitri Puspa Sari (2017). Kemampuan pemecahan Masalah matematis melalui problem based learning. ISSN: 2476-8898 Vol.1, Oktober 2017.

Sumartini, Tina Sri.(2016). peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal “Mosharafa” Volume 5, Nomor 2, Mei 2016 149 ISSN 2086 4280

Tati Rohmawati, Yuyu Yuhana, dan Nurul Anriani (2019). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya. jurnal Match Educator Nusantara (JMEN) 5:80-89.

Tanjung, Henra Saputra, dan Siti Aminah Nababan.(2018). “Matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA se-kuala nagan raya Aceh”IX(2): 56-70.


Keywords  :  
Kata Kunci: LKPD;, Berpikir kritis;, memecahkan masalah Student Worksheet;, Critical Thinking;, Problems Solve
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-12-01
Cara Mengutip  :  
Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LKPD DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495
Terbitan  :