PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD
Abstrak
Inkuiri merupakan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki fenomena alam, mahluk hidup atau benda secara kritis, analitis dan logis untuk menghasilkan siswa-siswa yang kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan pembelajaran inkuiri berbantuan multimedia interaktif pada mata pelajaran IPA kelas V sekolah dasar meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan pendekatan pembelajaran Borg and Gall dan model desain pembelajaran Dick and Carey. Desain yang digunakan adalah: R&D, ADDIE, SDLC, model evaluasi formatif Tesmer. Kontribusi penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain multimedia interaktif terstandar berbasis model pembelajaran inkuiri yang dapat membantu guru melaksanakan pembelajaran IPA, untuk pembentukan kompetensi siswa kelas V SD, implikasinya dalam peningkatan produktivitas guru dan peningkatan kompetensi pada siswa belajar, untuk kelas lima sekolah dasar.
Unduhan
Referensi
Akbar, T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Ipa Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sdn Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456
Aisyah, N, Zulkardi dan Lewy. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Palembang. Bina Manfaat Ilmu : Jurnal Pendidikan, http://eprints.unsri.ac.id/820/1/2_Lewy_14-28.pdf. Diakses 20 September 2018
Cheng, I., Basu, A., Goebel, R. (2009). Interactive Multimedia for Adaptive Online Education. IEEE Computer Society, 16, 16–25.
Damopoli, I., Nunaki, J. H., Nusantari, E., & Kandowangko, N. Y. (2018). Designing Teaching Material Oriented Towards Inquiry-Based Learning in Biology. Makalah disajikan pada Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference (MISEIC 2018). Diunduh 21 Juli 2020, dari situs world wide web : https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.1
Dick, W., Carey, L., Carey, J.O. (2008). The Systemic Design Instructions. 7th Edition, New York : Pearson.
Gagne, Briggs L.J, Wager W.W. (2008). Principles of Instructional Design, Second Edition, (New York: Holt Rinehart and Winston.
Gall, M.D., Gall, J.P., Borg, W.R., (2008) Educational Research and Introduction, New York : Pearson
Gredler, M.E. (2011). Learning and Instruction : Teori dan Aplikasi, Jakarta : Kencana.
Jesicha Muryantono Putri Pradana, Sajidan, Sugiyarto (2017). Instrumen Evaluasi berbasis Inquiry Lab untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis pada Materi Sistem Gerak Kelas XI IPA. INKUIRI Jurnal Pendidikan IPA, vol.6, no.2
Julianto, dan Maghrifoh, L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). Diunduh 30 Desember 2020, dari situs world wide web : https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765
Karsono, K., Irawan, B., dan Dewanto, J. (2016). Pengembangan Pembelajaran Manajemen Proyek Berbasis Multimedia Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 115. Diunduh 29 Desember 2020, dari situs world wide web : https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9918
Lawrence, K. (20013) Developing Leaders in a VUCA Environment. Program UNC Executive Development The Power Experiences
https://www.imls.gov/assets/1/AssetManager/Bishop%20Pre-Con%202.pdf, The Partnership for 21st Century Skills
Milovanović, M., Obradović, J., & Milajić, A. (2013). Application of interactive multimedia tools in teaching mathematics - Examples of lessons from geometry. Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(1), 19–31.
Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Muyaroah, S., dan Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26.
Nisfatun. (2016). Video Media Use the Improvement of Learning Outcomes of the Insitute of Chemistry Class X SMA Negeri 1 Dawar Blandong Mojokerto. Proceeding of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology.
Nur Aida, Yusminah Hala, Muhammad Danial. (2016), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Eksresi untuk Kelas XI SMA Negeri 10 Bulukumba. Bionature Jurnal Kajian dan Penelitian Biologi. vol.17, no.2.
Nurul Annisa dan Naeklan Simbolon (2018), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Materi Gaya di Kelas IV SD Negeri 101 Sampali. School Education Journal PGSD FIP Unimed, vol.8, no.2.
Rastogi, V. (2015). Software Development Life Cycle Models- Comparison , Consequences. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 6(1), 168–172.
Sadiman, A.S. dkk (2008). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT.Raja Grafindo Persada
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukmadinata, N.S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pembelajaran inkuiri, Multimedia Interaktif, Sains, R&D, ADDIE, SDLC Inquiry Learning, Interactive Multimedia, Science, R&D, ADDIE, SDLC
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2021-06-03
|
Cara Mengutip | : |
Dewanto, I. J., Hidayat, S., & Sukmayadi, D. (2021). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 76–89. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.490
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|