PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA

Ali Fakhrudin ( Universitas PGRI Palembang )
Arief Kuswidyanarko ( Universitas PGRI Palembang )

Abstrak

Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran IPA dengan menggunakan teknologi augmented reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Hasil pengembangan dalam penelitian ini telah tervalidasi dengan 9 orang ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, ahli bahasa, dan praktisi pendidikan. Berdasarkan validasi para ahli diperoleh bahwa media yang telah dikembangkan valid dengan nilai aiken 0,9528. Didapatkan penilaian guru dan peserta didik diperoleh persentase sebesar 92,71 berasal dari guru dan 88,07 dari peserta didik, dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memperoleh kategori sangat baik dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji coba juga menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dapat, afektif secara optimal meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhamuddin. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis ICT dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jurnal Penelitian Pendidikan. 1-8

Azuma, R., Baillot, Y., Behringer, R., Feiner, S., Julier, S., & MacIntyre, B. (2001). Recent advances in augmented reality. IEEE Computer Graphics and Applications, 21(6), 34–47.

Chiang, T. H. C., Yang, S. J. H., & Hwang, G. J. (2014). Students' online interactive patterns inaugmented reality-based inquiry activities. Journal Computers & Education, 78, 97-108.

Dryden, Gorden dan Jeanette Vos. 2003. The Learning Revoluton. Bandung : Kaifa

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

Elango, P. (2013). Sistem Pemulihan Lembaran Kerja Bagi Nombor Negatif Berasaskan Realiti Luasan (AR2WN2). (Phd), Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi.

Gall, M.D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research An Introduction 7 th Ed. Boston: Pearson Education, Inc.

Kucuk, S., Yilmaz, R. M., & Goktas, Y. (2014). Augmented Reality for Learning English: Achievement, Attitude and Cognitive Load Levels of Students. Journal Egitim Ve Bilim-Education and Science, 39 (176).

Programe for International Student Assessment (PISA). (2009). PISA 2009 Plus Result Performance of 15-years-old in reading, mathematics and science for 10 additional participants. Diakses 10 April 2016 dari http://nces.ed.gov/survey/pisa

Seels, B.B. dan Glasgow, Z. (1990). Exercises in Instructionals Design. Columbus: Merril Publishing Company


Keywords  :  
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Hasil Belajar Learning Media, Augmented Reality, Learning Outcomes
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-20
Cara Mengutip  :  
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771–776. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.424
Terbitan  :