EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS

Sonya Heswari ( STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh )
Sonya Fiskha Dwi Patri ( STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh )

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan e-modul matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa dan efektivitasnya terhadap pembelajaran pada materi bangun datar segi empat. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dimulai dengan tahapan analisis, desain, develop, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Sungai Penuh, dengan subjek uji coba adalah uji coba perorangan yaitu guru matematika, uji coba kelompok kecil, serta uji coba kelompok besar oleh siswa kelas VIIIA. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi tim ahli, yaitu validasi media dan materi, angket tanggapan guru dan tanggapan siswa, angket persepsi siswa, serta tes kemampuan berpikir logis siswa. Dari hasil analisis angket persepsi siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar  82,7% yang menunjukkan kategori “positif” terhadap efektivitas penggunaan, motivasi belajar, serta aktivitas belajar siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan berpikir logis siswa terdapat 13 siswa yang mempunyai kemampuan berpikir logis sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul etnomatematika yang dikembangkan layak untuk digunakan oleh guru SMP/MTs khususnya pada pembelajaran bangun datar segi empat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Marinka, D. O., & Febriani, P. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. 03(02), 6.

Ogunkunle, R. A., George, N. R., & Ed, M. (2015). Integrating Ethnomathematics Into Secondary School Mathematics Curriculum For Effective Artisan Creative Skill Development. 12.

Patri, S. F. D. (2020). Ethnomathematical Analysis of Geometry Form in the Great Mosque of Pondok Tinggi at Sungai Penuh City and Relationship to Mathematics Instructional. Social Science, 8.

Rosa, M. (2011). Ethnomathematics: The cultural aspects of mathematics. 4(2), 23.

Subekti, E. E. (2012). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i1.62

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineke Cipta.


Keywords  :  
Kata Kunci: e-modul, etnomatematika, efektivitas e-module, ethnomatematics, effectiveness
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2021-06-01
Cara Mengutip  :  
Heswari, S., & Dwi Patri, S. F. (2021). EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/mp.v6i1.416
Terbitan  :