PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VI SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 81/II Muara Bungo dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT).Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti hasil belajar peserta didik cenderung rendah. Dari 37 peserta didik hanya 7 peserta didik (18,91%) yang memperoleh nilai dalam kriteria tuntas. Penyebabnya adalah guru hanya menggunakan pendekatan yang konvensional di kelas, yang menyebabkan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik rendah. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 81/II Muara Bungo yang berjumlah 37 peserta didik. Dalam pelaksanaannya penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model NHT dalam meningkatkan proses dan hasil belajar IPS kelas SD Negeri 81/II Muara Bungo. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pengamatan, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa penggunaan model NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri 81/II Muara Bungo. Hal ini terlihat dari hasil tes peserta didik siklus II sudah mencapai KKM 75, terlihat pada hasil belajar yaitu ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 29,72% pada siklus II meningkat mejadi 83,78%.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Handayani, E. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 16 - 27.https://doi.org/10.21009/JPS.052.02
Huda, Miftahul. (2015). ooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Marasiwi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran . Vol 7, No 01 Tahun 2017. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/1140
Megawati., & Subhanadri, S. (2019). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342-356. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/169
Sugiyono.(2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Hasil Belajar, NHT, IPS Learning Outcomes, NHT, IPS
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-12-14
|
Cara Mengutip | : |
Lestari, renda, & Saputra, W. (2020). PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS VI SD. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 764–770. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.412
|
Terbitan | : |