PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALQUR’AN DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya nilai-nilai karakter yang ditunjukkan mahasiswa saat pembelajaran IPA. Selama ini pembelajaran IPA lebih menekankan pada aspek kognisi dan belum menggalakkan pentingnya penanaman nilai-nilai karakter di dalamnya pembelajaran. Perubahan paradigma mengajar dirasa perlu dilakukan dimana perlu penyelarasan antara penguasaan konsep maupun perbaikan karakter. Nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA dapat dilandaskan dalam Al-Qur’an. Sebab pada dasarnya nilai karakter bersumber dari nilai-nilai agama. tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perangkat pembelajaran, implementasi pembelajaran, keunggulan dan kelemahan sistem pembelajaran integrasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an dalam pembelajaran IPA bagi mahasiswa PGSD STKIP-MB. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP-MB, dengan subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi PGSD semester II Tahun Akademik 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan kesesuaian RPS mencapai 91,07%. Artinya telah menunjukkan adanya integrasi penanaman nilai-nilai karakter berbasis Al-Qur’an di dalam komponen-komponen penyusun RPS. Selain itu dari hasil analisis angket, persentase keberhasilan penanaman pendidkan karakter berbasis Al-Qur’an pada mahasiswa mencapai 82,35%. Artinya setelah adanya pembelajaran IPA melalui pengintegrasian pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an berpengaruh positif terhadap perkembangan pribadi mahasiswa, dimana nilai-nilai karakter pada diri mahasiswa dapat terbangun dengan sangat baik.
Unduhan
Referensi
Gregory, R J. (2000). Psychological Testing: History, Principles, and Applications. Boston: Allyn & Bacon.
Hamzah, Faiz. (2015). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Integrasi Islam-Sains Pada PokokBahasan Sistem Reproduksi Kelas IX Madrasah Tsanawiyah.Jurnal Pendidikan Islam.Volume 1, nomor 1, September 2015.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.Volume 1 edisi 2 hal 204-210.
Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED volume 6 Nomor 1.
Nawawi, Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang sosial. Yogyakarta: Gajahmada University Press.
Pusat Kurikulum Balitbang Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya saing dan Karakter Bangsa. (online).(http://www.slideshare.net/mustahal/pend-budaya-karakter-bangsa,diunduh 20 April 2013).
Riduwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tanshzil Sri Wahyuni. (2012). Model Pembinaan Pendidikan Karakter Pada Lingkungan Pondok Pesantren Dalam Membangun Kemandirian Dan Disiplin Santri (Sebuah Kajian Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan). Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 13 No. 2 Oktober 2012.
Zainal, Aqib, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:Yrama Widya.
Zuchdi, dkk. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. JurnalCakrawala Pendidikan. Mei 2010.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Pendidikan karakter;, Al-Qur’an;, Pembelajaran IPA Character education;, Al-Quran;, Science learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-12-05
|
Cara Mengutip | : |
megawati, megawati, & Putra, R. E. (2020). PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS ALQUR’AN DALAM PEMBELAJARAN IPA BAGI MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 734–741. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.411
|
Terbitan | : |