PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
Abstrak
Latar belakang pada penelitian ini adalah motivasi belajar mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo masih rendah pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah pendekatan pembelajaran yang kurang tepat. Meski pada pelaksanaannya telah menerapkan pembelajaran dengan mengarahkah mahasiswa lebih aktif dalam belajar, tetapi masih ada kelemahan pembelajaran tersebut, sehingga menyebabkan motivasi belajar yang rendah. Hal ini terlihat pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, mahasiswa lebih suka ngobrol dengan temannya ketika teman dalam kelompok yang di depan sedang menjelaskan materi. Hal lain yang terjadi adalah, ketika mahasiswa tidak menguasai materi kelompok, audienpun ikut ribut,sehingga waktu belajar seperti terbuang sia-sia. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan penerapan pembelajaran berbasis edmodo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap motivasi belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan design pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini telah dilaksanakan di Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo Tahun 2020. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi belajar berupa angket sebanyak 30 pernyataan. Data di analisis dengan menggunakan uji analisis deskriptif dan uji analisis inferensial yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan dengan pembelajaran elearning berbasis edmodo terhadap motivasi berlajar mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dhanta, R. (2009). Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah.
Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elmubarok, Zaim. (2009). Menumbuhkan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta, cv.
Hidayat, Puput Wahyu., & Widjajanti, Djamilah Bondan. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Metode Tipe Index Card Match pada Pelajaran Matematika. Jurnal Muara Pendidikan, Volume 1, nomor (1):4.
Iskandar, A. (2012). Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Sardiman, A.M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Supriyanto, Aji. (2005). Pengantar Teknologi Informasi. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Uno, H.B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Keywords | : |
Kata Kunci:
motivasi;, edmodo;, e-learning motivation;, edmodo;, e-Learning
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-12-09
|
Cara Mengutip | : |
yulianti, andam, & Hidayat, P. W. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS EDMODO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 757–763. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.403
|
Terbitan | : |