PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK DI DESA MEDINI

yuliana sulistyaningrum putri ( muria kudus university )
ika ari pratiwi ( muria kudus university )
erik aditia ismaya ( muria kudus university )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua dalam pembentukan minat belajar anak di Desa Medini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam penyajian data hasil penelitiannya. Proses pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode  observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberikan bentuk pengasuhan orang tua di Desa medini menggunakan bentuk pengasuhan demokratis. Bentuk pola asuh demokratis dengan menerapkan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah serta tindakan yang mencerminkan budi pekerti mampu memberikan peranan untuk anak khusunya dalam hal minat belajar anak. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua anak mampu memberikan dorongan terhadap minat belajar anak di lingkungan keluarga sehingga anak mampu mendapatkan hasil belajar yang baik. Tidak hanya itu bentuk pola asuh demokratis juga mampu membentuk karakter dalam diri anak berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan mampu memberikan pengasuhan yang positif  bagi anak sehingga anak mampu memiliki minat belajar yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisah, Ani Siti. 2011. Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 05; No. 1; 2011; 70-84.

Astuti, R. D. 2005. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Belajar Pada Siswa Kelas IX SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2005/2006. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Cara Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Kreatif Februari 2017.

Hurlock, E. B. (1996). Perkembangan Anak. Child Development. Terj. Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erangga.

Rahmawati, Yeni, dkk. 2017. Strategi Pembangunan kreativitas pada Anak Usia Taman kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Samani, Muchlas, dkk. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda.

Sumsunuwiyati. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawati, Eka. 2015. Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal of Elementary Education 4 (1).

Setyowati, Yuli. 2005. Pola Komunikasi Keluarga Dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi keluarga Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi Anak Pada Keluarga Jawa). Volume 2, Nomor 1, Juni 2005: 67-78.

Shocib, Moh. 2010. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantgu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Kreatif Februari 2017.

Subianto, Jito. 2013. Peran Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Vol. 8, No. 2, Agustus 2013.

Widhiasih, Ika, dkk. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif Februari 2017.


Keywords  :  
Kata Kunci: Pola Asuh, Minat Belajar Parenting style, Interest In Learning.
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
putri, yuliana sulistyaningrum, pratiwi, ika ari, & ismaya, erik aditia. (2020). PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR ANAK DI DESA MEDINI. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.377
Terbitan  :