ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PGSD DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MELALUI FITUR QUIS EDMODO

Tri wiyoko ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0002-0470-5345 )
Puput Wahyu Hidayat ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstrak

Permasalahan dari penelitian ini yaitu ditemukannya pemahaman konsep yang salah oleh mahasiswa pada materi getaran dan gelombang. Pemahaman konsep yang salah mengakibatkan miskonsepsi pada aspek kognitif, sikap ilmiah dan keterampilan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa dengan model Certainty Of Response Index (CRI) melalui fitur quis edmodo. Subjek penelitian ini mahasiswa Program Studi PGSD STKIP MB Tahun Akademik 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Selanjutnya Instrumen penelitian menggunakan instrumen tes soal obyektif. Hasil penelitian ini berupa perangkat tes evaluasi yang telah divalidasi dari aspek isi materi dan bahasa oleh para ahli. Hasil validasi aspek isi materi sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik, aspek konstruksi soal sebesar 96,42% dengan kategori sangat baik dan aspek bahasa sebesar 90.6% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa soal memiliki kelayakan untuk diterapkan. Hasil uji soal menunjukkan bahwa miskonsepsi yang di alami oleh mahasiswa untuk materi gelombang sangat beragam. Rata-rata miskonsepsi mahasiswa pada materi getaran dan gelombang sebesar 23.17% dengan kategori rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A’yun, Q., Harjito, & Nuswowati, M. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostic Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 12, No. 1, 2018, halaman 2108 – 2117

Hasan, Saleem. (1994). Misconceptions and the Certainty of Response Index (CRI). Department of Science and Mathematics Education, Southern University and A&M College, Baton Rouge, LA 70813, USA.

Miles, Matthew B and A. Michael Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI-Press.

Suparno, Paul. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT.Grasindo

Ulfah, S., & Fitriyani, , H. (2017). Certainty Of Response Index (Cri) Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Pecahan. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., Prihaningtiyas, , S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Dengan Instrumen Four Tier Diagnositic Test Pada Materi Gelombang Mekanik. Seminar Nasional Multidisiplin 2018. UNWAHA Jombang, 29 September 2018

Wiyoko, T. (2019). The Analysis Of Pgsd Students’ Misconception Of Diagnostic Test Result In Work And Energy Material. Curricula: Journal Of Teaching And Learning Vol 4 No 2 2019


Keywords  :  
Kata Kunci: Miskonsepsi, CRI, Edmoodo Misconception, CRI, Edmoodo
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
wiyoko, T., & Hidayat, P. W. (2020). ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA PGSD DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MELALUI FITUR QUIS EDMODO. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 680–688. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.375
Terbitan  :