PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 13 KOTO BARU KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Reni Guswita ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Subhanadri Subhanadri ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 13 Koto Baru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan Model kooperatif tipe think pair share di kelas V SD Negeri 13 Koto Baru Kecamatan Kubung  Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan di SD Negeri 13 Koto Baru Kecamatan Kubung  Kabupaten Solok. Penelitian dilakukan pada semester II, yaitu bulan Mei-Juni 2017, dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 12 siswa. Alat Pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berbicara dengan menggunakan Model kooperatif tipe think pair share mengalami peningkatan, khususnya dalam menggunakan pilihan kata, lafal, intonasi, tekanan, dan ekspresi yang tepat. Pada siklus I pertemuan I keterampilan berbicara siswa adalah 60,7% meningkat pada siklus I pertemuan II menjadi 67% dengan tingkat ketuntasan 41,7%. Demikian juga pada siklus II pertemuan I keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 72,3% dan pertemuan II menjadi 80,1% dengan tingkat ketuntasan 83,3%. Disarankan bagi guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, Muhammad. 1990. Strategi Belajar Mengajar Ketrampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang: YA 3 Malang.

Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran, Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta:PT Indeks

Gagne, R.A. dan Driscoll, M.P. Essential of Learning for Instruction. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi. Jakarta:PT Rajawali Pers

Lie, A 2010. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperative Learning diRuang-Ruang Kelas. Jakarta: Grassindo.

Slamet, ST. Y. 2007. Dasar – Dasar Kemampuan Berbahasa Indonesia. Surakarta : LLP UNS dan UNS Perss

Slavin, Robert. E. 2009. Cooperative Learning, Teori. Riset dan Praktik.Bandung: Nusa Media.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka


Keywords  :  
Kata Kunci: Think Pair Share, berbicara Think Pair Share, speaking
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
Guswita, R., & Subhanadri, S. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI 13 KOTO BARU KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 665–673. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.374
Terbitan  :