MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK QUIZ TEAM SISWA KELAS VII 3 SMP

Afrida Afrida ( SMP Negeri 7 Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang siswa memiliki minat belajar IPS rendah ditandai dengan masih banyak siswa yang kurang tertarik memperhatikan penjelasan guru ketika proses pembelajaran berlangsung di kelas, pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru dengan metode yang monoton, dan kemauan siswa dalam membaca buku IPS terlihat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui metode pembelajaran aktif teknik Quiz Team pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 7 Muara Bungo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran aktif teknik Quiz Team dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai rata-rata pada siklus I 70, 63 dan siklus II 84,53.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abd. Rachman Abror. (1997). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya.

Hisyam Zaini dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Melvin L.Silberman. (2012). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Terjemahan Raisul Muttaqien). Bandung: Nuansa.

Rita Eka Izzaty, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Rudy Gunawan. (2013). Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta.

Sardiman A.M. (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (1991). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik (edisi revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.


Keywords  :  
Kata Kunci: Minat Belajar;, Metode Pembelajaran Aktif;, Quiz Team interest in learning, active learning methods, Quiz Team
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
Afrida, A. (2020). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK QUIZ TEAM SISWA KELAS VII 3 SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 705–710. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.373
Terbitan  :