MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Desrita Desrita ( SD Negeri 88/II Sungai Mengkuang )

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang selama pembelajaran berlangsung suasana kelas sangat tenang, tidak ada yang memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru, meski telah berulang kali guru memberikan kesempatan untuk bertanya. Soal-soal yang diberikan sudah cukup, namun pada hasil akhir pelaksanaan tes formatif yang diberikan guru, hasilnya masih jauh dari yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas II semester II SDN 88/II Sungai Mengkuang Kabupaten Bungo Tahun Pelajaran 2016/2017 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode pemberian tugas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas pada siswa kelas II dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pra siklus hanya 38,7%, siklus I 38,7%, siklus II 61,29, dan siklus III 87,09%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, Lukman. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD. Jakarta.

Depdikbud, 2003. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD. Jakarta : Diksi Insan Mulia.

Prawati, Siska. 2016. penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemebalajaran IPS pada siswa kelas V SDN MO 1 Pangalasiang. https://media.neliti.com/media/publications/ 121258-ID-penerapan-metode-pemberian-tugas-untuk-m.pdf. Diakses 10 Juli 2020

Rifai. 2016. Penelitian Tindakan Kelas dalam PAK. Sukoharjo: Brornwins publishing.

Rosyid, Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara

Umar, Hamzah. 2000. Peningkatan Keterampilan Bahasa Indonesia. Bandung : Inti Prima Aksara

Wiyoko, T & Hidayat, P W. 2019. Penerapan Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2019)


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil Belajar;, Metode Pemberian Tugas Learning outcomes;, Assignment Method
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
Desrita, D. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 658–663. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.370
Terbitan  :