PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING

Sundahry Dahry ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Yogi Irdes Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui model reciprocal teaching di SD 19 Sungai talang Tarusan. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas dengan subjek 28 siswa. Penelitian inii dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes hasil belajar kognitif siswa. Pelaksanaan pembelajaran IPA melalui model reciprocal teaching kelas IV berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar ranah kogitif tingkat pengetahuan pada siklus I nilai rata-rata 78,2 dan pada siklus II nilai rata-rata 87,6. Peningkatan ranah kognitif pengetahuan dari siklus I ke siklus II dengan selisih nilai rata-rata adalah 9,4. Sedangkan hasil belajar kognitif tingkat pemahaman pada siklus I nilai rata-rata 69,1 dan pada siklus II nilai rata-rata 84,3. Peningkatan ranah kognitif pemahaman dari siklus I ke II nilai rata-rata adalah 15,2. Hal ini berarti pembeajaran IPA melalui model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 19 Sungai Talang dan dapat disimpulkan bahwa model reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmadi, M dan Gilakjani, A. (2012). Recipocal Teaching Strategies And Their Impacts On English Reading Compehension. (online). (http://www.Seach.proquest.com,diakses tanggal 15 November 2015).

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Muammar, Haerul. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Ipa Assue Dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar Ipa-Fisika Siswa Kelas Viii Smpn 22 Mataram.volume 1 no 3, Juli 2015. ISSN. 2407-902.

Palincsar, A.S. (2002). Reciprocal Teaching Of Compehension Fosteing Of Comprehension Monitoing Activities Cognition And Intuction : Teacher And Student Use Prior Knowledge And Dialogue To Construct A Shared Meaning Of The Text And Impove Reading Comprehension. 1(2).117-175.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triyanto. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta:Kencana.


Keywords  :  
Kata Kunci: Hasil belajar;, Model Reciprocal Teaching;, IPA Learning Outcomes;, Reciprocal Teaching Model;, Science
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-05
Cara Mengutip  :  
Dahry, S., & Putra, Y. I. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 712–720. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.362
Terbitan  :