MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PICTURE AND PICTURE UNTUK SISWA KELAS IX SMP

SRI YULIASTINI ( )

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang proses belajar mengajar guru masih menggunakan metode konvensional dan  siswa sering bermain sendiri di dalam kelas sewaktu pembelajaran berlangsung, berjalan-jalan di dalam kelas, kurang memperhatikan guru sewaktu menerangkan materi pelajaran, keluar kelas tanpa seizin guru, kurang memiliki keberanian dalam bertanya maupun kepada sesama teman waktu proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran PKn melalui penggunaan metode Picture and Picture pada siswa kelas IXA SMP Negeri 6 Muara Bungo Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Picture and Picture pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas siswa pada pra siklus hanya 32,14%, siklus I 42,86%, dan siklus II 85%, serta jumlah siswa yang tuntas meningkat pada pra siklus terdapat 10 siswa, siklus I 19 siswa, dan siklus II 28 siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asna, A. 2019. Peningkatan Konsentrasi Siswa Dengan Metode Picture To Picture Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan Di Kelas VII3 SMP Negeri 7 Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 268-275. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/ index.php/- mp/article/view/129

Angkowo, R. Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran Mempengaruhi Motivasi, Hail Belajar dan Kepribadian. Jakarta : Grasindo.

Dimyati dan Mijiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineke Cipta.

Istarani, 2011. 58 Metode Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru Dalam Menentukan Metode Pembelajaran). Medan : Media Persada.

UU RI No. 23 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung : Nuansa Aulia

Winkel, W.S, 1984. Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia.


Keywords  :  
Kata Kunci: Aktivitas, hasil belajar, Picture and Picture Activity;, Learning Outcomes;, Picture and Picture
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-03
Cara Mengutip  :  
YULIASTINI, S. (2020). MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PICTURE AND PICTURE UNTUK SISWA KELAS IX SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 689–696. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.361
Terbitan  :