PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA
Abstrak
Menulis permulaan merupakan tahapan proses belajar menulis bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik dalam menulis dengan benar dan bermakna. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran menulis dengan baik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan menggunakan media gambar dan pendekatan keterampilan proses siswa kelas 1 SDN 45/1 Sridadi Kabupaten Batanghari serta untuk mengetahui keefektifan proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart modifikasi yang menggunakan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dengan rencana, tindakan, pengamatan, refleksi, perencanaan kembali merupakan dasar untuk suatu ancang-ancang pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SD materi menuliskan cerita secara sederhana dengan bahasa tulis.
Unduhan
Referensi
Ade Siti Haryanti (2018). Penggunaan media gambar dan media radio pada pemblajaran menulis deskripsi siswa kelas X Tunas Harapan Balaraja Tangerang. Jurnal Kredo, 14-25.Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/viewFile/2108/1217
Arikunto, S., dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. rev.ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, Sri Utami Soraya. (2015). Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI, 1-13 Retrieved from http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/43
Hadijah (2017). Upaya meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa melalui metode SAS kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal kreatif Tadulako Online, 199–213. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/116126-ID-upaya-meningkatkan-kemampuan-menulis-per.pdf
Hajani, T. J. (2014). Kemampuan Menulis Anak Usia Dini. Jurnal Unib, 1–51. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/8477/2/I%2CII%2CIII%2CI-14-tri-FK.pdf
Rahmawati (2017). Strategi pembelajaran membaca dan menulis permulaan melalui media kata bergambar. Jurnal SAP, 259-270. Retrieved from https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/viewFile/1159/1
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kemampuan Menulis Permulaan;, Media Gambar;, Keterampilan Proses. Preliminary Writing Ability, Image Media, Process Skills
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2020-12-05
|
Cara Mengutip | : |
utami, sri. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 711–716. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.345
|
Terbitan | : |