IMPLEMENTATION OF ENVIRONMENTAL EDUCATION AND IMPACT STUDENT'S ENVIRONMENTAL CARE ATTITUDE TO ADIWIYATA SCHOOL

Karma Iswasta Eka ( Universitas Muhammadiyah Purwokerto )
Suwarno Suwarno ( Universitas Muhammadiyah Purwokerto )

Abstrak

Karakter seseorang sangat mempengaruhi perbuatan dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu karakter yang ingin dibentuk di sekolah dasar adalah kepedulian lingkungan. Kepedulian lingkungan dapat dibentuk melalui bermacam-macam cara, salah satunya melalui sekolah Adiwiyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dampak sekolah Adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan siswa. Lokasi penelitian di sekolah Adiwiyata SDN 2 Sokaraja Kulon dan SD Locondong. Pengambilan  data melalui observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan pencermatan dokumen serta observasi obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan sekolah sekarang masih menunjukkan sebagai sekolah Adiwiyata yang diraih beberapa tahun yang lalu, 2) penanaman sikap peduli lingkungan dilakukan melalui kegiatan akademik maupun non akademik, 3) karakter sikap peduli lingkungan siswa terbentuk dengan baik melalui kegiatan akademik dan non akademik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, AM, A.Akbar, Kamarudin, Manan, Saifudin, E.Noer. (2019). The Role of Schools in Building Student Awareness of Environment Through Adiwiyata Program. IOP Coference Series :Earth and Environmental Science, Volume 343. Conference. IOP Publishing Company.

Azwar,S. (2002). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

DE. 2017. Syarat Sekolah Adiwiyata dalam https://www.kabar-banten.com/syarat-mengikuti-sekolah-Adiwiyata-sekolah-harus-peduli-terhadap-lingkungan/, diakses 26 Nopember 2019

Huberman, AM dan Miles, MB. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press : Jakarta

Kadorodasih (2017), Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui program Adiwiyata di SDN Giawangan Yogyakarta, Jurnal Hanata Widya Volume 6 Nomor 4 Tahun 2017, hal 43-51

Mu’in, F. (2011). Pendidikan Karakter Konstruksi Teoretik & Praktik. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mushlich, M. (2011). Pendidikan Karakter menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Puskurnas. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional.

Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif, Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim : Malang

Rezkita, S dan Wardani, K. (2018). Pengintegrasian Pendidikan Lingkungan Hidup Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan keSDan Vol 4 No 2, Januari 2018. Hal 327-331

Samani, M & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumarmi, (2008). Sekolah Hijau Sebagai Alternatif Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Pendekatan Konstekstual. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 15 No 1 Februari 2008, hal 19-25

Zulianto, M., Puji. R.P.N., Zaini, Wiyoko, T., & Sholeh, B. (2020). Sustainable tourism in Bangsring Underwater Banyuwangi. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 485 (2020) 012046

http://Adiwiyatasmasa2014.blogspot.com/2014/03/pengertian-singkat-Adiwiyata.html, diakses 21 Nopember 2019


Keywords  :  
Kata Kunci: Karakter;, Peduli Lingkungan;, Adiwiyata attitudes, environmental care, adiwiyata
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2020-12-10
Cara Mengutip  :  
Eka, K. I., & Suwarno, S. (2020). IMPLEMENTATION OF ENVIRONMENTAL EDUCATION AND IMPACT STUDENT’S ENVIRONMENTAL CARE ATTITUDE TO ADIWIYATA SCHOOL. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 650–657. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.344
Terbitan  :