PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DIKELAS I SDN 079/II BARU PUSAT JALO
Abstrak
Rendahnya kemampuan siswa di kelas I SDN 079/II Pusat Jalo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi dalam membaca permulaan menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian, dimana terdapat 15 siswa dalam 1 kelas, yang mana mereka masih sulit untuk membaca permulaan. Memiliki tujuan untuk meningkatan kemampuan membaca permulaan yang dilihat dari proses dan hasil membaca permulaan siswa kelas satu SDN 079/II pusat jalo dengan Struktural Analitik Sintetik sebagai metodenya. Jenis penelitian yang digunakan yakni Penelitian Tindakan Kelas, terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah kelas satu yaitu satu guru dan 15 siswa di SDN 079/II Pusat Jalo. Hasil penelitian ini terlihat guru dalam proses pembelajaran, siklus satu pertemuan pertama 69%, siklus satu pertemuan kedua meningkat menjadi 75%. Selanjutnya siklus dua pertemuan pertama, dan kedua proses guru kembali meningkat menjadi 100%. Proses siswa selama proses pembelajaran pada siklus satu pertemuan pertama 68%, siklus satu pertemuan keduaI meningkat menjadi 74% di katakan belum tercapai. Pada siklus kedua pertemuan pertama meningkat menjadi 79%, siklus dua pertemuan kedua kembali meningkat menjadi 82% dikatakan sudah tercapai. Hasil observasi penilaian tes membaca permulaan siswa siklus satu yang tercapai yaitu hanya 9 orang siswa atau 60%, yang tercapai. Pada siklus dua yang tercapai ada 13 orang siswa atau 91% yang tercapai dan dinyatakan berhasil.
Unduhan
Referensi
Aksarak Cahyani, M., & Mulyati, Y. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Aran, F. F. R., & El Puang, D. M. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Melalui Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Lawotan, Y. E., 9(5), 2527–2540.
Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi.
Dalman. (2021). Stimulasi Kemampuan Anak Membaca Melalui Permainan Kata Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
E, Mulyasa. (2020). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.
Farhan Adib, P. (2023). pengaruh penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) Terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 UPTD SD Negri 5 Metro Utara. universitas lampung. https://doi.org/10.31539/literatur.v5i1.10896
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.
Guswita, R. (2023). Peningkatan keterampilan membaca menulis permulaan menggunakan model visual, auditory, read write, kinesthetic di kelas II sdn 82/II dusun panjang. Ejournal.Ummuba.Ac.Id, 63. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.907
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.58230/27454312.56
Irfan Syahroni, M. (2023). Analisis Data Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 3(3), 1–13. https://doi.org/10.62552/ejam.v3i3.64
Khoridah, dkk. (2019). Analisis Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Kemampuan Menulis Permulaan. . Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i3.19899
Klien, O., & Noviana, E. (2020). Metode Membaca Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaandi Kelas I Sdn 79 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i2.3705
Marlena, F. (2019). Penggunaan Metode SAS (Struktur Analisis Sintetik) Dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 100 Seluma . IAIN Bengkulu.
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Sanabil Creative.
Mulyono, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Dan Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan, 6(2), 238–250. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536
Munawati, S., Andriyani, F., Yulianti, Y., Murtono, M., Sudigdo, A., & Santosa, W. H. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Dengan Berbantuan Kartu Kata Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1919–1928.
Nurhadi. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IV SD 59 Mariat Pantai Kabupaten Sorong. Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas Iv Sd 59 Mariat Pantai Kabupaten Sorong,. 1(8).
Pane, W. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara. Jurnal Pendidikan, 1(1), 23–25. https://doi.org/10.37985/jpt.v1i1.143
Permadi, D. C. (2021). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Kelas II SDN 171/II Pedukuh. universitas muhammadiyah muara bungo.
Puspita. A. (2021). meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Bahrul Ulum surabaya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.508
Rahim, F. (2020). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. . Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust .
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Saputra, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sisntetik (SAS) Siswa Kelas I di SD Negeri Gebangsari Kebumen.
Sari, D. A. P., & Koeswanti, H. D. (2023). Metode SAS Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(1), 199–207.
Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713–726. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021
Utamiasih, N. N. S. (2020). Penerapan Metode SAS Berbantuan Kartu Huruf Berwarna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 8 Ababi. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.1
Widyastuti, A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. . Elex media komputindo.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Struktural Analitik Sintetik , Membaca Permulaan, Penelitian Tindakan Kelas; Structural Analytical Synthetic, Initial Reading, Classroom Action Research
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-07-04
|
Cara Mengutip | : |
Dani, R., Aprizan, A., Maulana Putra, I., & Arsita, C. (2025). PENERAPAN METODE SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DIKELAS I SDN 079/II BARU PUSAT JALO. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 234–240. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2974
|
Terbitan | : |