OPTIMALISASI TEKNOLOGI AI: PENGARUH CHATGPT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT WIDYA PRATAMA
Abstrak
Teknologi digital yang terus berkembang telah melahirkan berbagai inovasi, termasuk kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Perkembangan AI kini semakin pesat dan memberikan pengaruh besar di berbagai sektor, tak terkecuali dalam bidang pendidikan. Salah satu bentuk penerapan AI yang banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan saat ini adalah ChatGPT. Penggunaan ChatGPT dalam proses belajar mengajar menawarkan berbagai kemudahan bagi mahasiswa. Namun, di sisi lain, muncul pertanyaan mengenai bagaimana penggunaan ChatGPT mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dan kuantitatif. Sampel diambil dari mahasiswa Institut Widya Pratama Pekalongan sebanyak 103 mahasiswa. Data diperoleh melalui observasi dan penyebaran kuesioner . Setelah data terkumpul, dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, dan normalitasnya. Setelah data valid, data dianalisa menggunakan regresi linier dan korelasi. Hasil korelasi (R = 0,702) artinya didapatkan ada hubungan yang kuat antara penggunaan ChatGPT dan Motivasi belajar. Sementara itu, hasil analisis regresi linier memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berada di bawah batas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan ChatGPT berpengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa di Institut Widya Pratama.
Unduhan
Referensi
Benny, David, Firane Larasyifa, and Raihan Fawaiz. 2024. “Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar Dan Pembelajaran.” Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar Dan Pembelajaran 2 (5): 107–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580.
Naila, Ishmatun, Adi Atmoko, Radeni Sukma Indra Dewi, and Wahju Kusumajanti. 2023. “Pengaruh Artificial Intelligence Tools Terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Teori Rogers.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7 (2): 150. https://doi.org/10.30736/atl.v7i2.1774
Nelliraharti. 2024. “Pengaruh Artificial Intelligence ( AI ) Terhadap Motivasi Pendahuluan Kemajuan Teknologi Yang Semakin Pesat Telah Membawa Banyak Perubahan Yang Terjadi Dalam Kehidupan Kita Saat Ini . Salah Satunya Adalah Transformasi Pergeseran Ke Era Informasi , Di Mana” 10 (April): 139–51.
Nufus, Hayatun. 2024. “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa.” Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa STMIK Antar Bangsa VOL. X NO. (1): 28–31.
Rienties, B, J Domingue, S Duttaroy, and ... 2024. “I Would Love This to Be like an Assistant, Not the Teacher: A Voice of the Customer Perspective of What Distance Learning Students Want from an Artificial Intelligence ….” ArXiv Preprint ArXiv …, no. November 2022: 1–23. https://arxiv.org/abs/2403.15396.
Tjahyanti, L. P. A. S., Saputra, P. S., & Gitakarma, M. S. (2022). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains (KOMTEKS), 1(1), 15–21.
Yunarzat, Ersyanda, and Syarifuddin CN Sida. 2024. “Pengaruh Penggunaan ChatGPT Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Ilmu Pendidikan 6 (2): 1607–26. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6489.
Zhai, Xiaoming. 2023. “ChatGPT User Experience: Implications for Education.” SSRN Electronic Journal, no. December.https://doi.org/10.2139/ssrn.4312418
Keywords | : |
Kata Kunci:
Chatgpt, Motivasi Belajar, Kecerdasan Buatan, Pendidikan Tinggi; ChatGPT, Learning Motivation;, artificial intelligence, Higher Education
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-06-23
|
Cara Mengutip | : |
Siswanto, V. A., Pudji Wahjuningsih, T., & Indrayati. (2025). OPTIMALISASI TEKNOLOGI AI: PENGARUH CHATGPT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DI INSTITUT WIDYA PRATAMA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 198–202. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2943
|
Terbitan | : |