ANALISIS PENERAPAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGI (SSP) KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD 197/II PULAU PEKAN

Aldino ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo, Indonesia )

Abstrak

Penelitian dilatarbelakangi ketertarikan pada Perubahan kurikulum adalah suatu hal yang rutin dan biasa terjadi di negara-negara yang memiliki sistem pendidikan yang canggih secara global. Tentunya perubahan kurikulum juga merubah Subjek Spesifik Pedagogik (SSP). Berdasarkan hasil dari observasi di SDN 197/II Pulau Pekan dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS, para guru Sebagian ada yang paham dengan SSP dan ada yang belum mengetahui dengan SSP khususnya guru yang baru mengajar yang semasa waktu kuliah para guru tidak mempelajari tentang SSP Pelaksanaan kurikulum merdeka sudah dilaksanakan di semua kelas yang ada di SD SDN 197/II Pulau Pekan ini yaitu dari kelas I sampai dengan kelas VI. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif (qualitative research), yang mencakup prosedur penelitian dengan data deskriptif berupa kata-kata, baik dalam bentuk tertulis maupun lisan. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa dalam penerapan Subjek Spesifik Pedagogik pembelajaran IPAS yang telah peneliti temukan selama melakukan observasi di SD Negeri 197/II Pulau Pekan peneliti menemukan terdapat beberapa tahap yang dilakukan guru terhadap modul ajar tersebut diantaranya : Pertama, tahap perencanaan pada pembelajaran IPAS di kelas VA yaitu: guru SD Negeri 197/II Pulau Pekan dituntut harus kreatif dalam memodifikasi modul ajar yang telah disediakan oleh Kemendikbud, guru harus teliti dalam menentukan bahan-bahan topik kajian pembahasan dalam pembelajaran IPAS yang dimana harus melihat kondisi sarana dan prasarana serta yang siswa butuhkan dalam pembelajaran IPAS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afifah, N., Sudirin, S., Yudianto, A., & Saputra, A. D. (2022). Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis HOTS. Elementary : jurnal ilmiah pendidikan dasar, 8(1). https://doi.org/10.32332/elementary.v8i1.4575

Anita Adriyanti, N. P., Karang Widiastuti, N. L. G., & Edy Purnawijaya, I. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Diselipkan Teknik Ice Breaking Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas III SD Dwijendra Denpasar. Widya Accarya, 12(1). https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1061.77-97

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen dan Wirausaha, 4(2). https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136

Mustika, D., Hidayat, B., Julia Lingga, L., & Fajar Adi Putra, R. (2023). Pembuatan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar Kota Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1).

Nasir, A., Nurjana, Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi dalam Penelitian Kualitatif 1. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5). https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Putra, H. A. (2014). peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika memalaui strategi pmbelajarn college ball bagi siswa kelas VII A semester genap SMP Muhamadiyah 4 Sambi tahun pelajaran 2013/2014. Dalam Applied Microbiology and Biotechnology (Vol. 85, Nomor 1).

Salsabilla, I. I., Jannah, E., & Juanda. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.36733/pemantik.v3i2.7064

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1). https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Uyun, N., Magdalena, I., & Maulida, Z. (2021). Definisi Sejarah Teori Intelegensi. Jurnal Sosial Teknologi, 1(10). https://doi.org/10.36418/jurnalsostech.v1i10.209

Yuliyanti, Y., Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Perkembangan Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia dan Perbedaan Dengan Kurikulum di Beberapa Negara. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3). https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i3.7271


Keywords  :  
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Subjek Spesifik Pedagogik, Modul Pembelajaran; Kurikulum Merdeka, Subjek Specific Pedagogik (SSP), Learning Module
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-23
Cara Mengutip  :  
Aldino. (2025). ANALISIS PENERAPAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGI (SSP) KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD 197/II PULAU PEKAN . Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 192–197. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2935
Terbitan  :