MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN SISTEM THERAPY DOLL (SPIDOL) PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Abstrak
Keterampilan berbicara sangatlah menjadi polemik dalam dunia pendidikan. Teknik untuk melakukan proses berbicara di tingkat sekolah dasar masih belum sesuai dengan kaidahnya, masih banyak peserta didik dalam proses berbicara yang menyampaikan gagasan belum lancar dan jelas, serta sikap dan Fokus pada pembicaraan tidak terlihat dalam proses berbicara. Hal ini berdampak kepada teknik berbicara peserta didik terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini berkonsentrasi pada pengembangan kemampuan berbicara melalui teknik yang benar melalui sistem therapy doll (spidol) pada peserta didik kelas V. Penelitian dilaksanakan di SDN 81/II Cadika Kec.Bungo, melibatkan 18 orang peserta didik terdiri dari laki-laki 12 orang dan perempuan 8 orang yang terdaftar pada tahun akademik 2024/2025. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas mengikuti model Arikunto yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus dilakukan dalam dua sesi di kelas dan terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, daya serap individu mencapai 40,80%, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 24,01%. Terjadi peningkatan secara signifikan pada siklus II, kemampuan individu meningkat 70,40% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 70,27%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan metode Sistem Therapy Doll (SPIDOL) dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas V Sekolah Dasar.
Unduhan
Referensi
Harianto, E. (2020). Metode bertukar gagasan dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411–422.https://doi.org/10.58230/27454312.56
Khairina, A., Rasimin, R., & Rahmayanty, D. (2025). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Di Depan Kelas Dengan Teknik Problem Solving Melalui Bimbingan Kelompok Kelas X Sma Adhyaksa Jambi. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(3), 49–55. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14629
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10.https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mulyati, B., Ilmi, Y. F., Basri, A., & Jaya, U. B. (2023). Sosialisasi pengelolaan sampah sebagai upaya peningkatan peran masyarakat dalam mengelola sampah di Kota Serang. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 26–34. https://doi.org/10.30656/ps2pm.v5i1.6285
Noorhapizah, N., Alim, N., Agusta, A. R., & Ahmad Fauzi, Z. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (Dia), Think Pair Share (Tps) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V Sdn Pemurus Dalam 7 Banjarmasin.
Nugroho, A., Putra, M. R. E., & Sari, I. P. (2021). Pelatihan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Aktif, Kreatif dan Inovatif pada MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Musi Rawas. Bakti Nusantara Linggau: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–23.
Nugroho, E. R. (2023). Memaknai Kata ‘Wajib’dalam Pasal 31 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, Dan Lagu Kebangsaan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(9), 2741–2748.
Nurlaila, M. (2016). Pengaruh bahasa daerah (ciacia) terhadap perkembangan bahasa Indonesia anak usia 2 sampai 6 tahun di desa Holimombo Jaya. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2), 256781.
Safitri, N., Dewi, H., Sukiawati, I., Putri, H. A., Kasmi, H., & Mahmud, T. (2024). Pengetahuan Tentang Keterampilan Berbicara Pada Siswa/I SMA Negeri 5 Banda Aceh. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 95–101.
Suleman, J., & Islamiyah, E. P. N. (2018). Dampak penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja terhadap bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 2(2).
Keywords | : |
Kata Kunci:
Keterampilan Bebicara, Sistem Therapy Doll (spidol); Speaking Skills, Terapy Dolll System (Spidol)
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-07-04
|
Cara Mengutip | : |
Nofrianni, E., Prahagia, Y., & Zunarti, R. (2025). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN SISTEM THERAPY DOLL (SPIDOL) PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 228–233. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2933
|
Terbitan | : |