PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN UBUR-UBUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Rahayu Soraya ( STKIP Al-Islam Tunas Bangsa, Indonesia )
Sinta Widya Ningtias ( IAI Tulang Bawang, Indonesia )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ubur-ubur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Balai Murni Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental design.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas III A sebanyak 23 siswa dan III B sebanyak 22 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah III A yang berjumlah 23 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes. Tes dalam penelitian ini berupa tes essay yang berjumlah 8 soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t test terlihat bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ubur-ubur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104. https://doi.org/10.24853/holistika.5.2.104-111

Annajmi. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. 6.

Fajriah, N., & Sari, D. (2016). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2291

Farahdina, H. Z., Oktaviani, D. N., & Setyani, A. (2025). Respon Peserta Didik Dalam Penggunaan Media Ubur-Ubur Pada Model TGT Hana Zahra Farahdina 1) , Dian Nataria Oktaviani 2) , Arie Setyani 3) 1. 17.

Hakim, S. A., & Syofyan, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Motivasi Belajar Ipa Di Kelas Iv Sdn Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. International Journal of Elementary Education, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i4.12966

Lamusu, C. A., Armeth, A., Al, D., & Asma, A. (2024). Application of the Teams Games Tournament Learning Model Based on the Number Monopoly Game in Improving Elementary School Students ’ Mathematical Understanding Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Permainan Monopoli Bilangan dalam . 4(1), 1–12.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lutfiah, Z., Marlianda, R., & Wulandari, R. (2024). Pengaruh Model Team Games Tournament ( Tgt ) Berbantu Media Ubur- Ubur Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Lv SD. 14 (September), 437–446. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v14i2

Ningtias, R., Sholihah, N. Z., & Wahyuni, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Games Berburu Ubur-Ubur Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V DI SD Negeri 2 Gempolan. 24(7), 28–42.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Soraya, R., Mashari, A., & Oktaviana, E. (2024). Efektivitas Model Pogil Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal, 10(January), 267–276.

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Tanjung, E. S., Theresia, M., & Nurbaiti, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Padang Sidimpuan. Jurnal JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 22–28. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i2.319

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706


Keywords  :  
Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT;, Media Permainan Ubur-ubur;, Kemampuan Pemahaman Konsep Team Games Tournament Learning Model;, Jellyfish Game Media;, Concept Understanding Ability
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-06-05
Cara Mengutip  :  
Soraya, R., & Widya Ningtias, S. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN UBUR-UBUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 10(1), 124–129. https://doi.org/10.52060/mp.v10i1.2909
Terbitan  :